Target PTSL Tahun 2021 di OKU Capai 91 Persen | Detik Sumsel
Detik
Bincang Santai BPN OKU dengan Awak Media.

Target PTSL Tahun 2021 di OKU Capai 91 Persen

Baturaja, Detik Sumsel – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar giat bincang santai seputar Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bersama awak media dan para penggiat hukum pertanahan di OKU, Jum’at (24/12).

Kegiatan yang digelar di Aula RM Idola Lintas Sumatera ini dihadiri oleh Rektor Unbara Ir Lindawati MZ, Wakil Rektor Unbara Yunizir Djakfar, Akademisi Dr Munajat, para awak media dan tamu undangan lainnya

Kepala Kantor BPN OKU Abdullah Adrizal ST MM dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka silaturahmi sekaligus menyampaikan kinerja BPN OKU dalam program PTSL. “Dipenghujung tahun ini kita ingin menyampaikan apa saja yang sudah kami lakukan dan capai selama tahun 2021,” kata Pria yang akrab di sapa Rizal ini.

Dikatakan Rizal, awak media dianggap sebagai mitra strategis BPN dalam mensosialisasikan serta megedukasi masyarakat tentang program PTSL. PTSL ini sendiri untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan dan memperoleh sertifikat tanah.

“Awalnya kami sempat berfikir bagaimana cara untuk mensosialisasikan dan mensukseskan program PTSL ini, pilihan yang tepat kepada penggiat media,” ujarnya.

Disebutkan Rizal, Pada tahun 2021 ini capaian program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di bumi sebimbing sekundang sekitar 91,22 %.

Dirincikannya, target Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) pada tahun 2021 sekitar 21.150 dengan realisasi capaian sekitar 19.292 dari 51 Desa Penlok. “Pencapaian ini hingga hari ini (24/12) masih ada waktu kemungkinan masih akan bertambah,” kata Rizal.

Sedangkan lanjut Rizal pada tahun 2022 target SHAT sebanyak 17.740 Bidang dan Peta Bidang Tanah (PBT) sebanyak 740 Bidang. “Tentunya dalam mencapai target ini kami tidak bisa bekerja sendiri, kami sangat berharap dan meminta rekan-rekan media bisa turut andil dalam mensosialisasikan hal ini,” pintanya.

Menurut Rizal Data Estimasi Bidang Tanah pada 2021 sebanyak 171.000 bidang, dari jumlah tersebut sebanyak 115.615 bidang tanah telah terdaftar (Bersertifikat) sedangkan yang belum terdaftar sebanyak 55 ribu bidang. “Kalau tahun depan target tercapai, sesuai hitung-hitungan insyallah tahun 2024 seluruh bidang tanah di OKU bisa terdaftar dan menjadi Kabupaten lengkap,” optimisnya.

Pada kesempatan itu juga Rizal menyebutkan kendala yang kerap dihadapi dilapangan, yakni sebagian besar bidang tanah yang belum memiliki SPPT PBB, tanah yang belum memiliki batas yang jelas, serta masih ada pemikiran masyarakat yang berpikir jika tanah disertifikat maka akan menaikan nilai pajak.

“Tapi pada kenyataanya tidak, nah hal seperti inilah yang perlu kita berikan pemahaman, harapan kita program kedepan bisa berjalan dengan lebih baik,” tandasnya. (Fei).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Minggu Kedua Januari, Polda Sumsel Tangkap 56 Tersangka Pemain Narkoba

Palembang, Detik Sumsel — Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel bersama Polrestabes dan Polres jajaran dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *