Targetkan 344 Merchant QRIS Hingga Akhir Tahun | Detik Sumsel
BNI"

Targetkan 344 Merchant QRIS Hingga Akhir Tahun

Palembang, Detik Sumsel – Bank Indonesia menargetkan hingga akhir tahun nanti ada 344 ribu merchant yang menggunakan QRIS. Dengan pencapaian itu maka target pengunaan QRIS dari tenant yang mencapai 80 persen dari target.

“Hingga saat ini baru 280 ribu merchant di Sumsel menggunakan QRIS dan targetnya hingga akhir tahun mencapai 344 ribu merchan,” jelas Kepala Bank Indonesia Sumsel, Hary Widodo’ Senin (18/10).

Ia mengatakan, dari 280 ribu merchant tersebut hampir 90 persen berasal dari UMKM seperti makanan dan fashion. Dengan adanya peningkatan ini maka Sumsel menjadi peringkat kesembilan penggunaan QRIS terbanyak di Indonesia.

“Kalau target secara nasional kita tidak ada, tapi kita target merchant itu tadi 344 ribu,” ujarnya.

Ia menambahkab, pihaknya sangat berupaya agar penggunana QRIS semakin meningkat dan meluas. Mengingat, kehadiran transaksi digital ini sesuai kebutuhan masyarakat saat ini terutama di masa pandemi sehingga mengurangi uang kartal.

Selain, transaksi digital lebih aman dan memudahkan masyarakat. “Sekarang serba cepat dan simple, cukup dengan gawai, semua kebutuhan masyarakat terpenuhi mulai dari bayar listrik, pulsa, transfer dan kebutuhan lain,”katanya.

Bahkan secara bertahan perbankan memudahkan transaksi untuk nasabah dengan mobile banking. Sekarang bank pun masuk era digital.

Disamping itu, pihaknya terus mendorong akan transaksi digital ini masuk ke seluruh Lini termasuk tidak hanya komunitas tetapi juga membentuk ekosistem pembayaran digital. Mulai dari pendidikan hingga keagamaan. “Masyarakat bisa bayar zakat, wakaf atau lainnya dengan QRIS,” ungkapnya.

Diakuinya, adanya digitalisasi ini membuat disrupsi. Seperti pembayaran manual atau tradisional yang menghilang. Seperti konter. “Tapi tentu masyarakat pun akan menyesuaikan dan beradaptasi dengan kondisi itu,”tutupnya. (May)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Hadirkan Dunia Games Awards 2021, Apresiasi Capaian Prestasi Industri Game Indonesia

Palembang, Detiksumsel – Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler terus berupaya mengakselerasi setiap aspek di ekosistem …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *