Teddy Minta Masyarakat Dibantarkan Sungai Hibahkan Tanahnya | Detik Sumsel

PKN
Pemprov
Plh Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd saat meninjau kerumah warga yang terendam hingga ketingguan 3 meter

Teddy Minta Masyarakat Dibantarkan Sungai Hibahkan Tanahnya

Baturaja, Detik Sumsel – Banyaknya masalah saluran air (drainase) di Kelurahan Sekarjaya dan kelurahan Baturaja Permai Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU yang menyebabkan banjir pada 9 Juni lalu menjadi perhatian PLH Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd

Hal ini lantaran 2 kelurahan itu selalu menjadi langganan banjir setiap hujan lebat dan banjir kali ini menjadi yang terparah hingga menyebabkan ratusan rumah terendam dengan ketinggian air mencapai 3 meter.

Hal ini di sampaikan PLH Bupati OKI Teddy Meilwansyah di hadapan para Lurah, para RT dan para korban banjir saat menyerahkan bantuan kepada korban banjir di kantor lurah Baturaja Permai pada Senin (13/6) sore.

Dihadapan para korban banjir, Teddy menyampaikan harus ada solusi khusus untuk mencegah banjir terulang kembali di kemudian hari. “Saya susah koordinasi kepada kadin PU, camat, dan kita Tadi saya sudah cek ternyata drainase nya memang banyak bermasalah. Terutama di wilayah Tanjung Kemala di mana aliran airnya yang berkelok sehingga menghambat laju air,”ucap Teddy.

Baca Juga :   Hindari Tawuran, Rangga Terjun ke Sungai Sampai Sekarang Belum Ditemukan

Kedepan pemerintah Kabupaten OKU akan melakukan pembenahan terhadap drainase terutama di bagian ujung yang mengalir ke sungai Ogan. Selain itu PlH juga berencana akan maningkatkan kolam retensi yang berfungsi sebagai resapan air di kala musim hujan.

“Kedepan kita akan lakukan normalisasi dengan pelebaran aliran sungai. Kita juga akan buat kolam retensi yang bisa menampung air. Selain bisa menampung air, juga bisa di jadikan area wisata,” beber PLH Bupati OKU.

Lebih detail Teddy menjelaskan untuk aliran sungai yang berkelok, akan diupayakan untuk di luruskan. Namun PLH Bupati minta kesediaan masyarakat untuk merelakan tanahnya yang berada di sepanjang aliran sungai untuk di hibahkan.

Baca Juga :   Kantongi 8.805 Suara, Saksi Kawal Sampai Tuntas

“Sebenarnya upaya ini sudah saya pikirkan sejak lama, ketika Almarhum Bapak Kuryana Aziz menjabat Bupati OKU. Saat itu saya sudah memberikan saran kepada Camat Baturaja timur Ogan Amrin untuk mengajukan usulan tersebut. Hanya saja setelah diajukan pandemi covid melanda dan Beliau (Kuryana Aziz) wafat,” tuturnya

Namu dikatakan Teddy pemkab OKU akan berupaya mencari solusi terbaik untuk menuntaskan masalah banjir ini sehingga tidak terjadi lagi. “Tadi sudah dikoordinasikan kepada Kadin PU dan langsung ditanggapi. Insyallah segera di atasi, Kita juga meminta pengertian masyarakat untuk bisa membantu dalam upaya menuntaskan masalah banjir ini.” tandasnya. (Fei)



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Sebagian Lahan Rencana IKL Diklaim Warga Bukan Milik PT Arta Prigel

Lahat, Detik Sumsel — Proses pembangunan Ibu Kota Lahat (IKL) baru di Kecamatan Lahat Selatan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.