Tekstur Tanah Desa Tamansari Cocok Untuk Bahan Baku Bata Merah | Detik Sumsel
Pemprov

Tekstur Tanah Desa Tamansari Cocok Untuk Bahan Baku Bata Merah

Pati, Detik Sumsel – Guna mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat, anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 0718/Pati, Serda Sukarji turut membantu membongkar batu bata merah yang sudah selesai dibakar, milik bapak Sugiman (52) warga RT.01/03, Dukuh Pandahan, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Sabtu (26/6/2021).

Untuk diketahui, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, merupakan Lokasi pelaksanaan kegiatan TMMD Regular ke-111 Kodim 0718/Pati. Masyarakat Desa Tamansari ini mayoritas bermatapencaharian sebagai petani padi disawah. Tetapi ada juga dari sebagian warga masyarakat yang membuka usaha pengrajin batu bata merah.

Serda Sukarji menyebutkan, selama ini hubungan antara TNI khususnya personil Satgas TMMD Kodim Pati dengan warga sudah terjalin dengan baik, sehingga tidak sedikit personil Satgas yang ikut membantu pekerjaan masyarakat, salah satunya membantu Bapak Sugiman yang sedang membongkar batu batanya yang selesai proses pembakaran.

Sugiman, salah seorang pengrajin batu bata merah menuturkan, kebanyakan pengrajin batu bata merah di Desa Tamansari memperkejakan kaum perempuan pada bagian pencetakannya. Mereka hanya bekerja paruh waktu (setelah hari) untuk mencari penghasilan tambahan.

“Kondisi tanah di Desa Tamansari dan sekitarnya sangat cocok dan bagus untuk dijadikan bahan pembuatan batu bata, sehingga pihak masyarakat banyak yang memanfaatkan kondisi itu, karna tidak semua daerah yang memiliki tanah seperti di tempat kami ini, ujar Sugiman. (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Anggota DPR RI H Sudewo Sosialisasi Bedah Rumah Bagi Warga Pati

Pati, Detik Sumsel — Kegiatan sosialisasi Program BSPS/ Bedah Rumah Tahun Anggaran 2021 Kementerian PUPR …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *