Terancam Rp 40 M dan 4 Tahun, Pemain Minyak Ilegal Lega Divonis 9 Bulan Bui | Detik Sumsel
Detik
Rudi Harahap Salahsatu jaringan sindikat bisnis minyak ilegal saat menjalani Persidangan di PN Klas 1 A khusus Palembang.
Rudi Harahap Salahsatu jaringan sindikat bisnis minyak ilegal saat menjalani Persidangan di PN Klas 1 A khusus Palembang.

Terancam Rp 40 M dan 4 Tahun, Pemain Minyak Ilegal Lega Divonis 9 Bulan Bui

Palembang, Detik Sumsel,- Rudi Harahap bin Jamas terdakwa kasus tindak pidana migas yang merugikan hasil bumi akhirnya dapat bernafas lega usai Divonis ringan dengan pidana penjara hanya 9 bulan di persidangan yang digelar pada PN Klas 1A khusus Palembang, Selasa (19/11).

Putusan yang dibacakan oleh Majelis hakim diketuai Adi Prasetyo SH MH lebih ringan 3 bulan, daripada tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Shelly Agustina SH MH yang menuntut terdakwa dengan pidana 1 tahun penjara.

Vonis itu terbilang ringan mengingat, Terdakwa dibuktikan melanggar Pasal 53 huruf b Jo Pasal 23 UU RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas Jo Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP yang berbunyi melakukan Pengangkutan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 tanpa Izin Usaha Pengangkutan dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan denda paling tinggi Rp40.000.000.000,00 (empat puluh miliar rupiah);

Atas putusan tersebut, terdakwa menyatakan menerima dan dilanjutkan dengan sikap serupa JPU.”Kami menerima yang mulia,” Terang JPU.

Diketahui sebelumnya, terdakwa bersama ke 4 temannya Kamis tanggal 01 Agustus 2019 sekira jam 04.00 WIB di Jalan Lintas Palembang – Jambi Simpang Berdikari tertangkap tangan oleh pihak kepolisian mengangkut secara ilegal minyak bumi hasil tambang ilegal tanpa izin dan dokumen resmi dari pemerintah dengan 1 unit truck Mobil Truck Merk Mitsubutshi jenis PS 120 warna kuning dengan No. Pol BH. 8826 GI.

Diduga kuat minyak hasil penyulingan ilegal ini akan di pasarkan kembali ke masyarakat maupun pabrik dan industri dibeberapa kawasan Sumsel.(vot)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Crew Kapal MV Charlotte Tewas Tengkurap Diatas Kapal di Perairan Tanjung Buyut

Palembang, Detik Sumsel — Seorang crew kapal MV Charlotte dilaporkan meninggal dunia diatas kapal diperairan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *