Terkait Surat Suara Tercoblos, KPU dan Banwaslu Muba Beda Persepsi | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
TERCOBLOS : Salah satu warga menunjukkan surat suara yang telah tercoblos. (Foto : Edy Parmansyah)

Terkait Surat Suara Tercoblos, KPU dan Banwaslu Muba Beda Persepsi

Sekayu, Detik Sumsel – Hebohnya temuan surat suara Calon Presiden dan Wakil Presiden yang sudah tercoblos di TPS 03, Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) oleh salah satu pemilih yang akan mencoblos. Ternyata antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muba dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Muba.

Terpisah, Ketua KPU Muba, Maryadi Mustofa, mengatakan, pihaknya telah mendatangi langsung TPS 03 dan meminta keterangan para petugas. Dari sana diketahui surat suara benar-benar tercoblos.

“Ya, ada 4 surat suara yang telah tercoblos di nomor 01. Untuk sementara surat suara tersebut dibatalkan dan masuk kategori rusak, lalu dibuatkan BAP,” kata dia.

Disinggung mengenai unsur kesengajaan, Maryadi mengatakan pihaknya belum mengetahui hal itu karena masih akan dilakukan pemeriksaan oleh pihak yang berwenang.

“Memang sebelumnya kita sortir dan lakukan pelipatan. Tapi kalau untuk yang telah tercoblos kita tidak tahu. Kalau untuk unsur kesengajaan itu kewenangan bawaslu dan polisi, sudah dilaporkan dan dikoordinasikan untuk langkah selanjutnya,” tandas dia.

Sementara itu, anggota Bawaslu Muba Divisi Organisasi dan SDM, Bambang Edi Prayogo mengatakan, telah mengetahui kejadian di TPS 03, Kelurahan Soak Baru, yaitu adanya surat suara yang tercoblos. Selain itu, telah turun langsung kelapangan bersama pihak Kepolisian.
“Ya, kami telah mengetahui dan mengecek kondisi lapangan bersama Kapolres Muba serta unsur yang terlibat dalam pemilihan umum,” katanya saat dihubungi.

Dia mengungkapkan, bahwa saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dan penelurusan terkait soal surat suara yang diduga telah tercoblos. Disinggung apakah masuk dalam kategori rusak, pihaknya belum bisa memutuskan apakah rusak atau ada faktor yang lain dalam kejadian tersebut.

“Kita masih melakukan penelusuran, dan pengecekan ke lapangan. Apa penyebab utama dalam peristiwa tersebut. Nanti akan kita kabarkan hasilnya,” pungkasnya. (edy)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Safari Berburu Bantu Petani Berantas Hama Babi Hutan

Lahat, Detik Sumsel – Gubernur Sumsel, H Herman Deru didampingi Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *