Ternyata Membuat Bonsai Dari Pohon Serut Tidak Susah | Detik Sumsel
BNI"

Ternyata Membuat Bonsai Dari Pohon Serut Tidak Susah

Pati, Detik Sumsel – Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga masyarakat Desa Tamansari menjadi salah satu cara anggota TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-111 Kodim Pati untuk menjalin kemanunggalan dengan masyarakat. Kali ini sambil mengisi istirahat siang di sela-sela pengerjaan renovasi RTLH di Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Serda Sukarji melaksanakan anjangsana ke rumah Jatmiko warga RT.02/02 Dukuh Kemiri, Desa Tamansari, Kamis (10/6/2021).

Disamping rumah Jatmiko tampak puluhan tanaman serut yang sengaja ditanam untuk dibuat bonsai. Pemandangan tersebut membuat Serda Sukarji tertarik untuk melihat dan mengetahui cara menanam dan pembuatannya. Obrolan akrab antara anggota TNI dan warga masyarakat ini pun berjalan santai dengan diselingi canda tawa.

“Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang saya lontarkan ke Jatmiko selama obrolan berlangsung. Karena saya sangat tertarik untuk ikutan seperti dia, tapi belum tahu ilmunya. Yang saya tanyakan sementara hanya seputaran cara membuat dan merawatnya,” kata Sukarji.

Jatmiko pun menjawab dengan nada bicara yang santai, “Pohon-pohon serut sementara saya tanam dimedia tanah dulu sambil menunggu akarnya biar benar tumbuh sempurna. Selanjutnya baru saya bentuk sedemikian rupa sehingga menarik untuk dilihat. Butuh kesabaran dan keuletan untuk membentuk tanaman serut menjadi bonsai yang indah dan menarik,” ujar Jatmiko.

Masalah harga, lanjut Jatmiko, untuk harga tergantung besar kecilnya pohon dan bentuk keindahan bonsai itu sendiri. Sebenarnya bonsai- bonsai saya ini tidak saya jual, hanya untuk koleksi dan mengisi waktu luang saya. Tapi kalau ada yang yang berminat yang tak lepas hanya dengan mengganti biaya perawatan,” terangnya. (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Bambang Haryo Desak Satgas Mafia Pelabuhan dan Saber Pungli Turun Investigasi Tiket Elektronik PT ASDP

Jakarta, Detik Sumsel- Anggota Dewan Pakar Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono mendesak Satgas Mafia pelabuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *