Terobosan Baru Parpol Rekrut Calon Legislatif | Detik Sumsel
Detik
Anggota Dewan Nasional/ Ketua Bersama Komite Eksekutif Konvensi Rakyat, Ferry Kurnia Rizkiyansyah

Terobosan Baru Parpol Rekrut Calon Legislatif

Palembang, Detik Sumsel- Partai politik (Parpol) saat ini tengah disibukan dalam melakukan perekrutan calon-calon legislatif untuk dimajukan dalam pemilihan umum tahun 2024.

Meski tahapan pemilu 2024 secara resmi belum ditetapkan dan dimulai, akan tetapi partai politik harus jeli dalam memilih calon legislatif yang nantinya akan mengisi kursi baik itu di tingkat DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten dan Kota.

Anggota Dewan Nasional/ Ketua Bersama Komite Eksekutif Konvensi Rakyat, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, mengatakan rekrutmen dan kandidasi calon-calon legislatif merupakan variabel sangat menentukan bagaimana sebuah partai politik dapat memperoleh kursi di lembaga legislatif melalui pemilihan umum.

“Ketika rekrutmen calon legislatif tidak dikelola secara baik oleh partai politik, maka akan berdampak pada kerja-kerja pemenangan partai politik bersangkutan, terutama dalam merealisasikan perolehan suara menjadi kursi di lembaga legislatif,” kata Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Sabtu, (15/1/2022).

Menurutnya, problematika utama dalam pencalonan legislatif oleh partai politik di Indonesia selama ini adalah cenderung berlangsung secara tertutup.

Dia menilai partai politik tidak memberikan informasi secara lengkap kepada publik mengenai mekanisme rekrutmen dan proses seleksi calon legislatif.

“Selama ini nama calon-calon legislatif seakan tiba-tiba turun dari langit, karena selama ini rekrutmen calon legislatif tidak dilakukan secara transparansi,” ujarnya.

Ferry menilai langkah Partai Perindo yang melakukan rekrutmen calon legislatif melalui konvensi rakyat sangat patut diapresiasi.

Menurutnya, Partai Perindo telah membuat terobosan baru dalam rekrutmen dan kandisasi calon legislatif dengan berbasis digital sehingga dapat diakses oleh siapa pun dan juga dari mana pun.

“Konvensi Rakyat Partai Perindo dengan melalui sistem teknologi informasi yaitu mendaftar melalui proses daring di konvensirakyat.com merupakan upaya maksimal yang dapat dilakukan di tengan ancaman politik uang. Melalui sistem yang akuntabel ini, maka upaya mencederai proses demokrasi dapat ditekan dengan serius,” jelasnya.

Tidak berlebihan untuk mengatakan kehadiran konvensi Partai Perindo menjadi angin segar bagi kehidupan politik di Indonesia, terutama salam hal rekrutmen dan kandidat politik.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Perjuangkan Aspirasi Masyarakat OKU Timur, Azmi Shofix Akan Terus Kawal Pembangunan

Martapura, Detik Sumsel – Anggota DPRD Sumsel Fraksi Demokrat asal Daerah Pemilihan (dapil) Ogan Komering …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *