Tidak Ada Pemilu, Mochammad Afifuddin : Bawaslu Harus Tetap Aktif | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin STHi MSi

Tidak Ada Pemilu, Mochammad Afifuddin : Bawaslu Harus Tetap Aktif

Palembang, Detik Sumsel – “Walaupun tidak ada pemilu, Bawaslu harus tetap aktif melakukan pelatihan dan melakukan kerja-kerja pencegahan sehingga ketika pelaksanaan pemilu, SDM Bawaslu sudah siap,”ucap Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin STHi MSi, dalam sosialisasi pengawasan partisipatif para Jurnalis di Palembang, Senin malam (3/5).

Dirinya juga menghimbau para komisioner Bawaslu Sumsel, untuk melibatkan awak media dalam setiap sosialisasi dan cepat merespon bila dihubungi insan pers.

“Buat forum, lakukan interaksi makan setiap himbauan atau sejenisnya akan sampai ke masyarakat,”terang
Pria yang membidangi divisi pengawasan dan sosialisasi ini.

Baca Juga :   Terpilih Aklamasi, Ahmad Azhar Segera Evaluasi Pengurus

“Dengan adanya kolaborasi Bawaslu dengan jurnalis dapat menekan masalah hoaks atau isu yang dapat menimbulkan gesekan di lapangan,”himbaunya lebih lanjut.

Dengan tidaknya tahapan pemilu, bukan bearti Bawaslu tidak ada kegiatan. Dirinya meminta, dalam
Kondisi seperti ini, jadikan momentum untuk mengevaluasi, apa kekurangan yang harus diperbaiki.

Dikesempatan yang sama, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumsel, lin Irwanto mengatakan, peran pers dalam rangka pengawasan partisipatif pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) maupun Pemilihan Umum (Pemilu) sangat penting.

“Saya rasa media merupakan pihak yang strategis dalam melakukan pengawasan partisipatif melalui informasi yang disampaikan media tersebut,”terangnya
Dirinya menilai, insan pers merupakan komponen yang strategis dalam rangka ikut mensukseskan pengawasan partisipatif yang merupakan program dari Bawaslu. Oleh karenanya, lin berharap, pers senantiasa berperan mengedukasi masyarakat untuk terciptanya gelaran demokrasi yang berkualitas.

Baca Juga :   Target 70 Persen Suara Milenial

“Pengawasan partisipatif ini tidak cukup jika hanya mengandalkan SDM internal Bawaslu, tentunya peranan masyarakat juga dibutuhkan. Untuk itu melalui informasi dan edukasi yang disampaikan insan pers kepada masyarakat, diharapkan Pilkada dan Pemilu yang berkualitas dapat terwujud,”tandasnya.(Pen)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

AT Minta Insentif Nakes Segera Dicairkan

Palembang, Detik Sumsel – Anggota DPRD kota Palembang meminta kepada Walikota Palembang untuk segara mencairkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *