Tidak Bayar Pesangon Karyawan, Sorum Mobil Ini Dilaporkan ke Disnaker | Detik Sumsel
Detik
Tidak Bayar Pesangon Karyawan, Sorum Mobil Ini Dilaporkan ke Disnaker
Firmansyah (baju merah) menunjukkan bukti laporan nya dari dinas tenaga kerja kota Palembang dengan terlapor Honda Union Motor

Tidak Bayar Pesangon Karyawan, Sorum Mobil Ini Dilaporkan ke Disnaker

Palembang, Detik Sumsel — Perselisihan antara Firmansyah dengan Honda Union Motor di mediasi oleh Dinas Tenaga Kerja kota Palembang Kamis (9/7) diruang mediasi kantor Disnaker kota Palembang.

Firmansyah merupakan mantan karyawan Honda Union Motor Plaju melaporkan tempatnya bekerja ke dinas tenaga kerja kota Palembang dikarenakan dirinya diberhentikan oleh Honda Union Motor dan Honda Union Motor tidak memberikan uang pesangon sama sekali kepada Firmansyah.

Ditemui usai mediasi Rian Gumay SH kuasa hukum Firmansyah mengatakan dalam mediasi antara kliennya dengan Honda Union menuntut hak hak kliennya karena kliennya Firmansyah selama bekerja di Honda Union Motor sejak tahun 2015 hingga tahun 2020 belum memberikan pesangon sama sekali kepada kliennya.

“Per Juni 2020 klien kami Firmansyah di PHK oleh Honda Union Motor namun hak hak klien kami berupa pesangon yang belum sama sekali dibayar oleh Honda Union Motor dan selama bekerja gajinya dibawah UMKM,”katanya.

Selain itu, kata Rian Honda Union Motor juga tidak memberikan jaminan BPJS ketenagakerjaan.

“Honda Union motor harus segera mengeluarkan hak hak klien kami sesuai dengan undang undang yang berlaku jangan sampai ada celah persoalan ini kami ke ranah hukum pidana,”tambahnya.

Rian juga merincikan kekurangan pesangon yang dibayarkan Honda Union Motor sekitar 85 juta, namun mediator dari dinas tenaga kerja sudah merincikannya dan akan disampaikan pada mediasi yang ketiga nanti.

“Garis besar dari mediasi hari ini Honda Union Motor mengakui kesalahannya dan akan membayarkan hak hak klien kami sesuai dengan perhitungan yang akan dilakukan mediator pada mediasi yang ketiga nanti,”bebernya.

Sementara itu Nofiar Marlena mediator perselisihan hak Disnaker Palembang maupun pihak Honda Union Motor ketika mintai tanggapan nya terkait hasil mediasi keduanya enggan memberikan komentar kepada wartawan.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Crew Kapal MV Charlotte Tewas Tengkurap Diatas Kapal di Perairan Tanjung Buyut

Palembang, Detik Sumsel — Seorang crew kapal MV Charlotte dilaporkan meninggal dunia diatas kapal diperairan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *