Tiga Ribu Nakes RSMH Palembang Ikuti Tes Swab Massal | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
RSUP Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang melanjutkan pelaksanaan tes swab massal bagi para karyawan tenaga kesehatan, Rabu (7/7).

Tiga Ribu Nakes RSMH Palembang Ikuti Tes Swab Massal

Palembang, Detik Sumsel- RSUP Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang melanjutkan pelaksanaan tes swab massal bagi para karyawan tenaga kesehatan, Rabu (7/7).

“Pada hari ke-4 pelaksanaan ini, terdata sudah 3000 lebih tenaga kesehatan di lingkungan RSMH Palembang yang mengikuti tes swab,” sebut Kepala Humas RSMH Palembang, Suhaimi kepada media, Rabu.

Dia mengatakan, swab massal dilaksanakan di lapangan tenis RSMH Palembang dan wajib diikuti oleh seluruh karyawan RSMH Palembang termasuk pejabat struktural, fungsional, dan tenaga honor.

“Swab massal ini sesuai arahan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Prof. dr. Abdul Kadir sebagai langkah pencegahan dan pengendalian Covid-19 di lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan,” katanya.

Baca Juga :   45 Tim Ramaikan Turnamen Danyon Arhanud 12 Cup

Pemeriksaan swab RT-PCR bagi tenaga kesehatan di lingkungan RSMH Palembang bertujuan untuk deteksi lebih dini. Apabila ada karyawan atau nakes yang terinfeksi virus Covid-19, dapat segera diarahkan untuk menjalani isolasi.

Mengingat, tenaga kesehatan merupakan garda terdepan yang dibutuhkan untuk penanganan pasien Covid 19 dan mereka juga rentan terpapar COVID 19 karena bekerja di lingkungan rumah sakit.

“Kegiatan ini diharapkan mampu mempercepat pencegahan maupun penanganan wabah virus Covid-19 yang saat ini tengah mengalami lonjakan kasus yang cukup tinggi,” tambahnya.

Baca Juga :   Satgas Pembersihan di Lokasi Penutupan TMMD

Swab ini juga sebagai prosedur untuk memutus mata rantai penyebaran, dan bentuk perlindungan bagi petugas medis agar tidak tertular. Apabila banyak tenaga medis yang terinfeksi, maka masyarakat akan kesulitan mendapatkan akses layanan kesehatan. Untuk itu keterbukaan perlu dibudayakan bersama.

“Harapan ke depan swab massal bagi tenaga kesehatan ini dapat dilakukan berkala, untuk memberikan perlindungan kepada para tenaga kesehatan,” imbuhnya.

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Jadi Narasumber Seminar Nasional, Biofuel Muba Wujudkan Energi Berkeadilan

Sekayu, DeSEKAYU – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) eksis sebagai daerah di Indonesia yang menginisiasi Energi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *