Tindak 8.756 Pelanggar Prokes di Sumsel

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Palembang, Detik Sumsel- Satuan Polisi Pamong Praja Sumatera Selatan telah menindak dan memberikan sanksi kepada 8.756 masyarakat yang melanggar protokol kesehatan di masa penerapan PPKM COVID-19.

Kepala Satpol PP Sumsel, Aris Saputra mengatakan penindakan yang dilakukan pihaknya bersama instansi terkait di sepanjang Juni hingga September dengan prioritas di daerah yang ditetapkan zona merah atau PPKM level 4.

“Penindakan dilakukan di Palembang karena sebagai daerah level 4, juga Kotamadya lain yang jadi perhatian, di Prabumulih, Lubuk Linggau dan Pagar Alam, “kata dia.

Dirinya menjelaskan berdasarkan data pada Juni jumlah pelanggarnya mencapai 3.661 orang, Juli 2.785 orang sedangkan Agustus hingga 7 September mengalami penurunan pelanggaran 2.310.

“Mayoritas yang kami tindak masyarakat yang tidak pakai masker dan berkerumun, ” jelas dia.

Dengan banyak pelanggaran yang ditemukan, adapun sanksi yang diberikan pihaknya seperti teguran lisan hingga mendapatkan sanksi sosial.

“Kami juga edukasi dan sosialisasikan prokes. Ada juga pemberian hukuman push up, dan pernyataan tidak mengulangi dan melanggar prokes lagi,” bebernya.

Saat ini, Aris menyebutkan pihaknya sedang memfokuskan pelaksanaan PTM terbatas di sekolah khsususnya pada saat pulang sekolah.

“Kami pantau, khususnya saat pulang sekolah agar tidak terjadi pelanggaran prokes dan agar kasus tidak meningkat,” kata dia.

Komentar