Tingkatkan PAD, Pemkot dan KPK Akan Pasang Tipping Box di Restoran dan Hotel | Detik Sumsel
BNI"
Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah 2018 Bersama KPK, Kamis (27/09)

Tingkatkan PAD, Pemkot dan KPK Akan Pasang Tipping Box di Restoran dan Hotel

Palembang, Detik Sumsel – Guna meningkatakan Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui Sosialisasi Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah 2018 bersama para pelaku usaha di Ruang Parameswara Setda Palembang, Pemerintah kota (Pemkot) Palembang bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rencakan pemasangan Tipping Box/alat perekam transaksi di setiap Restoran dan Hotel yang ada di kota Palembang.

Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan KPK, Adliansyah M Nasution (Coki) mengatakan bahwa dirinya mengajak para pemilik usaha untuk dapat melakukan pemungutan pajak sesuai dengan peraturan undang-undang.

“Jadi, melalui Tipping Box, belanja dan penerimaanya itu akan selalu kita awasi. Wajib pajak dan wajib pungut pajak itu beda, dan disini mereka diminta wajib untuk memungut pajak sesuai dengan undang-undang dan persentasenya,” jelasnya, Kamis (27/09).

Menurutnya, sistem belanja memiliki suatu aturan keuangan, yaitu belanja dan ada penerimaan. “Dan kita akan awasi semuanya, baik belanjanya juga penerimaannya,” tambahnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa, selama ini pihaknya menduga telah terjadi sebuah kebocoran, dan terkait kebocoran tersebut, pihaknya berencana akan menurunkan suatu alat dalam mengatasi kebocoran tersebut.

“Alat ini nanti akan kita pasang, baik di restoran dan juga di hotel. Mudah-mudahan dengan hal itu, setiap hari kita akan mendapatkan data, dan itu poin kita yang sebetulnya. Dan saya disini sengaja hadir di kewenangan saya dalam pencegahan,” jelasnya.

Sementara Walikota Palembang, Harnojoyo menjelaskan, dengan pemasangan alat Tipping Box di Hotel dan Restoran, dirinya berharap target PAD yang ingin dicapai Pemkot di tahun 2019 yakni 1.5 Triliun.

“Jadi memalui optimalisasi dengan alat Tipping Box yakni alat rekam di cast register khusus untuk pajak Hotel dan Restoran di Palembang ini, kita harapkan tidak menutup kemungkinan bahwa PAD kedepan bahkan bisa mencapai target lebih dari 1,5 Triliun,” ungkap Harnojoyo.

Dirinya juga berharap, melalui alat tersebut, para pelaku usaha Hotel dan Restoran dapat menyambut baik program optimalisasi tersebut.

“Jadi jangan sungkan nanti saat Bank Sumsel datang untuk memasang alat tipping box, dan kita harapkan kerjasamanya dari semua pihak,” ujarnya.

Masih dikatakannya, mesti akan dipasangnya Tipping Box tersebut, namun pihak Pemkot akan tetap lakukan pengawasan.

Menurutnya, dalam hal ini kesadaran masyarakatlah yang sangat dibutuhkan. 10% pajak Daerah yang dititipkan oleh wajib pajak, sangat berarti bagi pembangunan kota Palembang.

“Secanggih apapun alat, kalau masyarakat tidak sadar, ya percuma,” pungkasnya. (Wira)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

1700 Anak Di OKU Dapat Makanan Tambahan Sehat

Baturaja, Detik Sumsel – Sebanyak 1700 anak-anak PAUD menerima makanan tambahan sehat dalam kegiatan pemberian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *