Tips Sukses Jadi Pemimpin Ala Kapolda Sumsel Untuk Generasi Milenial | Detik Sumsel
Pemprov

Tips Sukses Jadi Pemimpin Ala Kapolda Sumsel Untuk Generasi Milenial

Palembang, Detik Sumsel – Kapolda Sulsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, S., M.M mengatakan menjadi pemimpin tidak mudah karena banyak tantangan dan hambatan tapi jangan tunjukkan ketakutan mu pada anak buah.

“Jangan tunjukkan ketakutan karena anak buah akan lebih takut jika pimpinan takut.”Ujarnya saat menjadi keynote speaker komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia di hotel the Zuri, Selasa (22/06).

Jadi pemimpin yang baik harus berani ambil resiko namun harus bisa membuat keputusan yang mengandung resiko paling rendah sebab setiap keputusan pasti memiliki resiko.

Dikatanya menjadi pemimpin harus memiliki pemikiran masa depan sehingga harus ada rencana cadangan sebab tidak semua rencana yang dibuat akan mulus, sebab semua

“Menjadi pemimpin harus siap dan berani mengambil resiko, gaya kepimpinan apapun yang diterapkan jadilah diri sendiri karena setiap orang punya gaya memimpinnya sendiri,” ujarnya.

Menjadi pemimpin juga harus memiliki tahapannya dari bawah dulu hingga menjadi top level.

Indra mengatakan bisa saja menjadi pemimpin langsung pada top level namun hasilnya tidak akan bagus karena kemampuan kepemimpinan akan diasah dari level bawah sehingga saat memimpin yang lebih besar dan tinggi tidak akan ada kesulitan berarti.

Indra mengatakan menjadi pemimpin harus memiliki hard dan soft skill karena pintar saja secara intelektual tapi tidak diimbangi dengan etika yang baik tidak akan berhasil. Sebab menjadi pemimpin itu berbeda dengan menjadi manager karena memimpin itu menyatukan banyak orang dengan beragam latar belakang usia, masalah dan pemikiran yang berbeda harus jadi satu.

Berbeda dengan manajer yang tugasnya hanya memerintahkan saja dan harus dituruti perintahnya.

Memimpin itu tidak harus punya bakat karena ada banyak skill kemimpinan yang tidak harus membutuhkan bakat tapi dibangun dari telat yang kuat. (May/ Rel)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Ini Pesan Rektor UIN RaFa ke 1.008 Wisudawan dan Wisudawati

Palembang, Detik Sumsel- Civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang kembali menggelar proses …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *