Toleransi Beragama di Winong Mendapat Apresiasi dari Warga Amerika | Detik Sumsel

PKN
Pemprov

Toleransi Beragama di Winong Mendapat Apresiasi dari Warga Amerika

Pati, Detik Sumsel — Masjid Al Muqorrobin dan Gereja GKMI Winong yang terletak di Jl. Kolonel Sunandar RT 14 / RW 03 Desa Winong, Kecamatan Pati adalah salah satu gereja di Kabupaten Pati yang memiliki keunikan tersendiri yaitu keberadaan gedung gereja ini yang berhadap-hadapan dengan masjid Al-Muqorrobin ( bahkan kini kedua tempat ibadah ini disatukan oleh kanopi yang telah dibangun diantaranya ).

Keunikan ini sering menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang dan hal ini kembali terbukti ketika pada tanggal 1 – 4 Juli 2022 kemarin GKMI Winong mendapatkan kunjungan tamu dari luar negeri Mr dan Mrs. Kauffman dari USA. Minggu (4/7)

Dalam kesempatan tersebut Pendeta GKMI Winong Didik Hartono, M.Th memperkenalkan Mr. dan Mrs. Kauffman sebagai tamu dari gereja yang berasal dari USA, beberapa hari ini mereka mengadakan sarasehan dan kunjungan ke beberapa tempat untuk melihat potensi wilayah serta keberagaman di Indonesia. Mr. Kauffman di USA sebelumnya juga merupakan pendeta dan juga tokoh masyarakat di wilayahnya.

“ Selamat datang Mr. dan Mrs. Kauffman di Desa Winong, beginilah kondisi toleransi yang sangat tinggi di Desa Winong, Masjid Al Muqorobin dan Gereja GKMI Winong yang saling berhadapan serta masyarakatnya yang sangat memegang tinggi toleransi,” Ungkap Didik.

Baca Juga :   Danrem 044/Gapo Tanam Jagung di OKU

Dalam kunjungan ini, selain sarasehan di halaman masjid dan gereja GKMI Winong juga memperkenalkan berbagai potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Pati, diantaranya adalah dengan mengajak kedua tamu tersebut belajar membatik di daerah Bakaran Juwana, mengunjungi pengrajin kuningan Juwana serta menikmati keindahan alam Jolong disertai minum kopi asli Jolong di wilayah Kecamatan Gembong.
Selain itu, para tamu juga diajak mengunjungi Genuk Kemiri ( sebagai cikal bakal pusat pemerintahan Kabupaten Pati ) dan Pendopo Kabupaten Pati ( yang menjadi pusat perintahan saat ini ).

Puncak acara dari kunjungan tersebut adalah diadakannya sarasehan pada hari Minggu, 3 Juli 2022 malam hari bertempat di teras (jalan kampung) gereja GKMI Winong dan masjid Al-Muqorrobin yang sudah dipasang kanopi, kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Takmir Masjid Santrimo beserta anggota, Kepala Desa Winong Wicaksono Bowo Leksono, Ketua RW III Novy, Para Ketua RT se RW III, Babinsa Serma Soleh dan Bhabinkamtibmas Aipda Eka Pratama serta diramaikan dengan musik rebana dari pemuda Musholla Al-Amin pimpinan Sapta Rachmanuddin.

Melalu penerjemah Mr. dan Mrs. Kauffman mengatakan dengan sarasehan ini dapat melihat dan merasakan secara langsung toleransi serta kehangatan relasi antara umat yang berbeda agama di Desa Winong. Hal ini oleh mereka dipandang sebagai suatu hal yang sangat baik dan akan disampaikan kepada komunitasnya di USA.

Baca Juga :   Peningkatan Jalan TMMD ke-111 Kodim 0718/Pati Terus Dipacu

“ Di Desa Winong Pati ini adalah pengalaman saya yang sangat berharga selama berada di Indonesia, untuk itu dengan apa yang saya rasakan dan lihat akan kami sampaikan kepada rekan kami di USA bahwa keberagaman dan toleransi di Indonesia begitu luar biasa,” Ungkapnya.

Mr. Kauffman menambahkan sebelum ke Winong, kami beserta rombongan telah mengadakan kunjungan ke Bali, setelah dari Winong kami akan melanjutkan kegiatan di Karimunjawa. Dari pengalaman ini terlihat betapa besarnya potensi hidup saling bertoleransi serta hal yang sangat luar biasa seperti yang dicontohkan di Desa Winong.

“ Terimakasih banyak atas keramahtamahan yang diberikan kepada kami, mohon pamit dan mohon doa agar kegiatan kami selama di Indonesia lancar dan kembali ke negara kami dengan selamat,” Ungkapnya.

Kegiatan diakhiri dengan menikmati makanan khas Pati yaitu nasi gandul dan dilanjutkan sesi poto bersama dan diiringi alunan musik rebana dari pemuda Musholla Al-Amin pimpinan Sapta Rachmanuddin di jalan depan Masjid dan Gereja yang disatukan dengan kanopi sehingga nampak masjid dan gereja ini menyatu dibagian atapnya. (m@s)



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Polemik Harga BBM Malaysia vs Indonesia, Bambang Haryo : Menteri BUMN Erick Thohir Harus Fokus dan Sensitif

Jakarta, Detik Sumsel- Pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir dan Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.