Tradisi Menyuguh Tamu Masih Kental Di Kalangan Warga Desa Tamansari | Detik Sumsel
Pemprov

Tradisi Menyuguh Tamu Masih Kental Di Kalangan Warga Desa Tamansari

Pati, Detik Sumsel – Sudah menjadi tradisi masyarakat pedesaan, setiap ada tamu datang kerumahnya sudah bisa dipastikan ada suguhan segelas teh manis ataupun segelas kopi. Hal tersebut terlihat ketika Sukarji bertamu dirumah Bapak Darmin (46) warga Dukuh Pandahan RT.02/03, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Minggu (20/6/2021)

Benar saja, baru saja duduk sebentar Darmin sudah mengeluarkan segelas teh manis dan pisang emas untuk Sukarji. Hal tersebut masih kental dan merupakan trasdisi bagi masyarakat pedesaan, khususnya warga masyarakat Desa Tamansari yang tahun ini menjadi sasaran TMMD Regular ke-111 Kodim 0718/Pati.

Sementara Sukarji mengatakan, setiap bertamu pasti ada saja suguhan untuk dirinya. Mungkin itu wujud penghargaan kepada TNI Satgas TMMD yang sedang bertugas membangu desanya. Masyarakat Desa Tamansari menurut pengamatan Sukarji masih menjunjung tinggi rasa paseduluran (persaudaraan) bagi siapa saja yang bertamu dirumah mereka.

“Fenomena itulah yang kami jadikan sarana komunikasi sosial dengan masyarakat selama tergabung dalam Satgas TMMD di desa ini. Kami dengan cepat bisa beradaptasi dengan mereka, karena mereka pun menyambut kami dengan rasa persaudaraan,” kata Sukarji.

Lanjutnya, tidak bisa dipungkiri memang dari dulu hingga sekarang TNI selalu dekat rakyat. Hal ini sudah terbukti ketika Satgas TMMD berkunjung ke rumah warga selalu disambut dengan baik. Sekarang ini tinggal mempertahankan agar kedekatan TNI dan rakyat tetap terjalin dengan baik,” ujarnya. (0718)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Menuju KNH 2021, Perhumas Usung Semangat Resiliensi dan Optimisme untuk Indonesia

Jakarta, Detik Sumsel- Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) menggelar kick-Off Menuju Konvensi Nasional Humas (KNH) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *