Tragedi Lonsum, Polisi Masih Jaga Ketat Lokasi Konflik | Detik Sumsel
BNI"
Berjaga - jaga: Aparat kepolisian dan Brimob Polda Sumsel dengan senjata laras panjang masih berjaga diperkebunan kelapa sawit PT Lonsum

Tragedi Lonsum, Polisi Masih Jaga Ketat Lokasi Konflik

Lahat, Detik Sumsel — Konflik antara warga SP III Palem Baja, Desa Suka Makmur, Kecamatan Gumay Talang, dengan PT PP London Sumatera (Lonsum) Tbk, yang sudah terjadi sejak Kamis (20/9) lalu. Rupanya jadi sorotan pemerintah pusat. Tewasnya satu Satpam PT Lonsum, dengan kondisi leher hampir putus, rupanya membuat Dirreskrimum Polda Sumsel sampai turun tangan.

Hingga hari ke tiga pasca tragedi berdarah itu, lokasi kejadian hingga kini terus dijaga ketat aparat kepolsian. Bukan hanya itu, pejabat pemerintahan setempat juga terus berupaya lakukan mediasi dengan warga, mengantisifasi tidak terulang lagi hal serupa.

“Saya sangat prihatin dengan yang terjadi. Seharusnya warga dan pihak perusahaan dapat berunding dengan kepala dingin,” ujar Bupati Lahat, Marwan Mansyur, Senin (24/9).

Sebelumnya, Ristal Alam (28), tewas dalam bentrok di area perkebunan Blok 85 A, Kebun Kancana Sari. Diduga tersulut emosi, sebanyak delapan orang melakukan penyerangan terhadap Ristal yang sedang lakukan penjagaan. Tiga diduga pelaku, masing-masing Najamudin (40), warga Desa Suka Makmur, Yandri (35), warga Desa Tanjung Baru, Kecamtan Gumay Talang, dan Herliansyah (27), warga DesaTanah Pilih, Kecamatan Gumay Talang, berhasil diamankan aparat kepolsian.

“Belum ada perkebangan lebih lanjut. Kasusnya sudah diambil alih Polda, bersama ketika tersangka. Anggota masih terus lakukan penjagaan di wilayah itu,” terang Kapolres Lahat, AKBP Roby Karya Adi SIK, melalui Kasat Reskrim, AKP Satria.

Sementara, Nizarudin, anggota DPRD Dapil 5 mengatakan, situasi seperti ini tidak bakal terjadi apabilan pemerintah tegas dalam penyelesaianya. Cukup meminta pada dua belah pihak yang bertikai, menunjukkan bukti-bukti kepemilikan lahan.

“Pemerintah harus tegas, kalau ada yang mengkalimcukuppinta tunjukan buktinya. Bila perlu bawa ke rana hukum,” tegas Politisi PPP ini. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Ikan Semah 15 Kg Takluk Dimata Pancing Arsan

Lahat, Detik Sumsel – Setelah lima jam bertarungan, ikan semah seberat sekitar 15 kilogram, akhirnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *