Triwulan II/2021, Pemkab OKI Klaim Realisasi DAK Fisik OKI Capai 32,3 % | Detik Sumsel
Pemprov
Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKI Drs H Zulkarnain, MM., saat mengikuti rapat koordinasi realisasi anggaran DAK Fisik 2021 yang dibuka Wagub Sumsel H Mawardi Yahya secara virtual, Selasa (27/7/2021).

Triwulan II/2021, Pemkab OKI Klaim Realisasi DAK Fisik OKI Capai 32,3 %

Kayuagung, Detik Sumsel-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) mencatat hingga 21 Juli 2021 berhasil membukukan capaian tertinggi realisasi anggaran dana alokasi khusus (DAK) Fisik Triwulan II/2021 di wilayah Provinsi Sumsel, sekitar 32,3 %.

Disusul Kota Prabumulih dengan realisasi sekitar 22,7% dan Provinsi Sumsel dengan realisasi sekitar 20,8%.

Hal itu terungkap pada acara rapat koordinasi realisasi anggaran DAK Fisik 2021 yang dibuka Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel H Mawardi Yahya secara virtual, Selasa (27/7/2021).

“OKI menjadi kabupaten dengan realisasi DAK Fisik tertinggi di Provinsi Sumsel dengan persentase 32,3 %. Sementara 6 kabupaten lain di Provinsi Sumsel angka realisasinya masih 0,0%,” kata Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel Lydia Kurniawati Christyana.

Lydia meminta untuk seluruh Pemkab dan kota di wilayah Sumatera untuk segera melakukan akselerasi penggunaan DAK Fisik Tahun Anggaran 2021.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) OKI H Husin, S.Pd., melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKI Drs H Zulkarnain, MM., mengatakan ketepatan dan kecepatan menjadi salah satu langkah strategis yang harus dilakukan.

Maka dari itu, pihaknya perlu memperkuat koordinasi antara Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penerima DAK Fisik sehingga akselerasi penggunaan DAK Fisik dapat optimal dan tepat guna.

“Tentunya, Pemkab OKI sebagai pengguna anggaran untuk mempertanggungjawabkan anggaran yang telah digunakan. Akselerasi serapan DAK Fisik diupayakan untuk memfokuskan diri pada pemulihan ekonomi,” terangnya.(Iyan)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Keluarga Peserta Test CPNS Bisa Saksikan Score Test via Streaming Youtube 

Baturaja, Detik Sumsel – BKPSDM OKU menyiapkan link streaming youtube khusus yang diperuntukan bagi masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *