Truk Angkutan Batubara di Lahat Kembali Lalu Lalang | Detik Sumsel
Detik
Tampak aktifitas truk batubara ke Stasiun Banjarsari. Foto Heru/DS

Truk Angkutan Batubara di Lahat Kembali Lalu Lalang

Lahat, Detik Sumsel — Sejak Jumat (10/5) lalu, lalu lintas di Kecamatan Merapi Area kembali ramai. Pasalnya jika selama ini truk batubara dari mulut tambang, ke stasiun Banjarsari yang melalui jalan umum, hanya berlaku malam hari. Kini monster jalanan sebutan warga itu, kembali terlihat lalu lalang sejak pagi hari hingga malam hari.

Mulai beraninya truk angkutan batubara itu melintas diluar jam biasanya, sejak Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel mengeluarkan surat edaran, soal waktu toleransi untuk PT Bara Alam Utama (PT BAU), PT Golden Great Borneo (PT GGB), PT Rantau Utama Bhakti Sumatra, dan PT Muara Alam Sejahtera, selama bulan ramadhan.

Dengan dasar, surat edaran nomor 55l.2/1199/3/Dishub, menidaklanjuti Pergub Sumsel. Perihal toleransi angkutan batubara. Untuk waktu operasional diberikan mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Lanjut mulai pukul 20.30 WIB sampai dengan 04.00 WIB. Dengan dasar alasan, untuk menjaga stabilitas pemenuhan kebutuhan batubara nasional.

“Padahal selama ini jalan sudah lenggang, sudah aman, tidak pernah lagi ada kecelakaan. Kini warga mulai dihantui lagi oleh truk-truk itu. Semoga saja Pak Gubernur komitmen dengan janjinya,” ujar Hendra, warga di Kecamatan Merapi Timur, Senin (13/5).

Sementara Plt Kadishub Lahat, Indaharmansyah SP Msi mengatakan, bahwa surat edaran tersebut adalah dispensasi terhadap empat perusahaan yang mengusulkan perubahan jadwal.

“Kita sudah sampaikan, kepada angkutan batubara, agar jangan membuat macet serta jangan meresahkan masyarakat. Hanya boleh melintas dari stokpile ke stasiun saja,” ucapnya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Golkar Lahat Mulai Curi Hati Masyarakat

Lahat, Detik Sumsel – DPD II Partai Golongan Karya (Golkar) Lahat, terus lakukan pergerakan menyongsong …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *