Tujuh Rumah Warga Lahat Ludes Diamuk Si Jago Merah | Detik Sumsel
Detik
Personil Damkar Lahat dan BPBD Kota Pagaralam sedang memadamkan api, foto istimewa.

Tujuh Rumah Warga Lahat Ludes Diamuk Si Jago Merah

Lahat, Detik Sumsel – Kebakaran hebat kali ini menimpa 10 rumah di Talang Gerembu, Desa Tanjung kurung Ilir, Kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat. Tujuh rumah dengan 10 Kepala Keluarga (KK) tercatat rusak berat, tiga rumah lainnya rusak ringan.

Belum diketahui jelas darimana dan asal penyebab munculnya api. Namun diduga api pertama kali muncul dari rumah milik Ibu Astra (45) sekitar pukul 08.01WIB, akibat konsleting listrik di bagian bawah rumahnya. Rumah warga yang mayoritas terbuat dari kayu, ditambah jarak antar rumah sangat rapat, membuat lidah api dengan cepat melahap rumah warga.

“Dugaan sementara konsleting listrik, saat itu rumah dalam keadaan kosong ditinggal pemiliknya ke sawah,” terang Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, melalui Kapolsek Kota Agung, Iptu Hendrinadi SH, Rabu (1/12).

Korban kebakaran dengan kondisi rumah hangus terbakar diantaranya, rumah milik Wiranto, Sutuni, Bambang, Arianto/Astra, Imanudin, Mastini dan Apridi. Sedangkan tiga rumah rusak yang rusak yakni, rumah milik Gandi, dan Budiman.

“Total kerugian keseluruhan ditaksir miliaran rupiah. Beruntung tidak ada korban jiwa,” sampai Hendrinadi.

Terpisah, Camat Tanjung Tebat, Aria Pulun membenarkan adanya kebakaran hebat di wilayahnya. Api berhasil dipadamkan sekira jam 09.00 WIB, setelah dua unit mobil pemadam kebakaran Lahat, ditambah satu unit damkar dari BPBD Kota Pagaralam.

“Untuk upaya tanggap darurat, sudah dibuat posko dan dapur umum para korban. Pihaknya juga sudah melaporkan kejadian itu ke Dinas Sosial, agar para korban segera mendapat bantuan,” terang Aria Pulun. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Lanal Palembang Vaksinasi 165 Siswa SD Negeri 64 Palembang

Palembang, Detik Sumsel — Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang melalui Balai Pengobatan kembali melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *