Tunggu Petunjuk Teknis KPU RI Terkait Putusan MA | Detik Sumsel
BNI"
Ilustrasi (net)

Tunggu Petunjuk Teknis KPU RI Terkait Putusan MA

Palembang, Detik Sumsel– Terkait dikabulkanya, uji materi sejumlah calon anggota legislatif, berlatar belakang mantan terpidana korupsi oleh Mahkamah Agung (MA). Ketua KPU Sumatera Selatan, H. Aspahani akan menindaklanjuti putusan tersebut dengan terlebih dahulh meminta petunjuk kebijakan dari KPU RI.

“Kita menunggu aspek teknisnya dari KPU RI,” kata Aspahani kepada Detik Sumsel melalui sambungan seluler, Sabtu (15/9).

Terkait, adanya beberapa caleg koruptor di Sumatera Selatan yang di coret lanjutnya, KPU Sumatera Selatan menunggu keputusan KPU RI, apakah langsung merespon putusan MA atau masih dilakukan kajian. “Karena ada massa 90 hari bagi KPU untuk menindak lanjuti putusan MA tersebut,” terangnya.

Sesuai tahapan diterangkannya, tanggal 21 September akan ditetapkan Daftar Caleg Tetap (DCT), untuk calon DPD yang menetapkan KPU RI. KPU Sumsel juga berharap ada kebijakan dari KPU RI.

“Jika sudah melampaui tahapan penetapan DCT, maka ada persoalan teknis yang harus diselesaikan. Dan harus ada rekomendasi Bawaslu untuk mengubah tahapan,” pungkasnya.

Diketahui, MA membatalkan pasal 4 ayat (3), pasal 7 huruf g peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018, tentang pencalonan Anggota DPR dan DPRD Kabupaten /Kota. Kemudian, pasal 60 huruf j peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2018, tentang pencalonan Anggota DPD terkait penghapusan mantan narapidana kasus korupsi, bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, menjadi calon anggota legislatif (bacaleg) dalam pemilu 2019. (Pen)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

SAPMA PP Sumsel Minta Junimart Girsang Belajar Lagi Nilai – nilai Pancasila

Palembang, Detik Sumsel — Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila Sumatera Selatan ikut dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *