Ubah Bekas Pohon Kopi Jadi Kerajinan Mahal

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Pagaralam, Detik Sumsel – Kota Pagaralam merupakan salah satu Kabupaten/Kota penghasil Kopi terbesar di Sumatera Selatan. Jutaan pohon Kopi tertanam di Bumi Besemah ini. Bahkan pertanian Kopi menjadi salah satu komoditi andalan masyarakat Pagaralam.

Pasalnya hampir 60 persen masyarakat Pagaralam merupakan petani Kopi. Bahkan saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam terus menggalakan penanaman Kopi dengan program Sambung Pucuk setiap tahun satu juta sambung pucuk.

Program sambung pucuk ini ternyata bukan saja mendatangkan keuntungan bagi para petani kopi sendiri. Namun menjadi keuntungan bagi Yulis warga Desa Tebat Lereh Kecamatan Dempo Selatan Kota Pagaralam.

Pasalnya limbah dahan pohon kopi yang dipotong untuk diremajakan dan disambung pucuk dimanfaatkan Yulis menjadi kerajinan dengan nilai ekonomis tinggi.

Yulis mengubah limbah dahan pohon Kopi dengan bermacam jenis kerajinan tangan. Namun yang saat ini sering dibuatnya yaitu satu set kursi tamu yang terbuat dari limbah pohon kopi.

“Selama ini limbah pohon kopi hanya dijadikan oleh masyarakat sebagai kayu bakar saja. Namun melihat bentuknya yang cukup unik saya mencoba menjadikan limbah ini menjadi kerajinan lainnya,” ujar Yulis.

Dirinya mengubah limbah pohon kopi ini menjadi satu set meja dan kursi tamu dengan bentuk yang unik dan bernilai seni.

“Saya mencoba membentuk dahan kopi ini menjadi maja dan kursi tamu. Setelah beberapa kali saya coba buat dan hasilnya bagus serta banyak yang suka,” katanya.

Bahkan dirinya sudah menjual beberapa set meja dan kursi dari dahan pohon kopi tersebut dengan warga Pagaralam.

“Saya jual dengan harga berkisar Rp 2 juta sampai Rp 4 juta persetnya tergantung bentuk dan ukuran kursinya,” ungkapnya.

Untuk menyelesaikan satu set meja dan kursi dari dahan pohon kopi tersebut Yulis harus mengerjakannya selama satu bulan jika dikerjakan sendiri. Namun jika ada orang lain yang membantu maka waktu pembuatan hanya dua pekan saja.(rendi)

Komentar