UIN RaFa Palembang Siap Menuju Internasionalisasi | Detik Sumsel

PKN
Pemprov
Kepala PLI menyampaikan bahwa internasionalisasi merupakan sebuah tindakan dan proses untuk membawa institusi-kampus UIN Raden Fatah Palembang berstandar Internaisonal dalam bidang Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

UIN RaFa Palembang Siap Menuju Internasionalisasi

Palembang, Detik Sumsel- Bertempat di kampus B Jakabaring-UIN Raden Fatah Palembang, kepala Pusat Layanan Internasional dalam amanatnya menyampaikan hal hal terkait proses UIN Raden Fatah Palembang menuju internasionalisasi.

Dalam pembukaannya, Kepala PLI menyampaikan bahwa internasionalisasi merupakan sebuah tindakan dan proses untuk membawa institusi-kampus UIN Raden Fatah Palembang berstandar Internaisonal dalam bidang Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Proses internasionalisasi tersebut menyatukan komponen yang harus dimiliki oleh sebuah “world class university”; meliputi kualitas penelitian, kualitas pengajaran, kompetensi lulusan dan reputasi/international look.
Dalam amanatnya, kepala PLI juga menyampaikan bahwa proses menuju internasionalisasi merupakan sebuah kebutuhan kolektif.

Kepala PLI mengajak semua Fakultas, pascasarjana, unit terkait, dosen, mahasiswa, tendik dan seluruh civitas akademika untuk menyiapkan diri, menyiapkan mental menuju internasionalisasi.

Tujuan utama internasionalisasi di Lingkungan UIN Raden Fatah Palembang adalah meningkatkan kualitas Pendidikan, mengembangkan kualitas penelitian baik dalam skala nasional dan internasional, meningkatkan kompetensi dan kapasitas peneliti, dosen, staff dan mahasiswa, serta menyiapkan diri dalam merespon kebutuhan pasar internasional perguruan tinggi.

Baca Juga :   Anak-anak Pulokerto Bantu Satgas TMMD Pembersihan

Sebagai penutup, Kepala PLI menyampaikan strategi pencapaian untuk menuju internasionalisasi tersebut. Pertama, Kepala PLI menekankan pemahaman dan kesamaan visi dari semua unsur civitas akademika di Lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.

Kepala PLI mengajak para pimpinan dan seluruh unit terkait untuk memiliki komitmen yang tinggi terhadap proses. Kedua, kepala PLI menyebutkan beberapa strategi yang sudah dilakukan PLI; diantaranya adalah pembentukan cikal bakal unit urusan Internasional di Tingkat Pascasarjana dan Fakultas.

Dari sini PLI dapat bersama sama mengidentifikasi keunggulan setiap fakultas dan mempercepat informasi kegiatan internasionalisasi dari pusat ke Fakultas dan pascasarjana.

Identifikasi kepentingan yang berhubungan dengan internasionalisasi ini diharapkan dapat menjadi penyusunan database untuk penelitian unggulan, dosen yang berpotensi untuk mendapatkan beasiswa internasional, dan juga identifikasi program yang bisa menjadi unggulan di lingkungan UIN Raden Fatah Palembang.

Baca Juga :   Sepakat Perkuat Fungsi Jurnaslime Warga

Akhir kata, Kepala PLI menyebutkan bahwa PLI juga telah menyiapkan target sasaran terkait kerjasama Internasional dan penambahan mahasiswa asing.

Tahun 2022, PLI telah memperbaharui menyiapkan dan melaksanakan MoU dan implementasi dengan beberapa Universitas di Malaysia (diantaranya UiTM, KUIZM, dan juga UPSI) membangun komunikasi dan menandatangani MoU dengan Thunderbird School of Global management-Arizona State University di Amerika (juli 2022), Berkomunikasi dengan Manisa Celal Bayar University-Turki, dan membangun persiapan MoU dengan Atdikbud Jeddah, bersama KBRI dan Sekolah Indonesia Luar negeri di Saudi Arabia.

Dengan persiapan dan proses yang matang, kepala PLI optimis untuk memajukan dan menyiapkan serta membangun reputasi UIN Raden Fatah Palembang di kancah Internasional. Dengan dukungan pimpinan dan semua pihak, PLI juga berharap dapat meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang dapat kuliah di UIN Raden Fatah Palembang.



H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Kapolsek Plaju Nikahkan Tahanan Pencuri HP

Palembang, Detik Sumsel — Suasana ramai terlihat di Aula Polsek Plaju, kota Palembang yang dipenuhi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.