Uji Emisi Kendaraan, Dishub Palembang Ungkap Solar Penyumbang Gas Buang Tertinggi

Iklan detik Sumsel

Palembang, Detiksumsel.com — Dinas Perhubungan Kota Palembang gelar uji emisi gas buang gratis roda empat di Jalan Merdeka depan Kantor Pelayanan Pajak Palembang, Senin (28/11/2022).

“Pengujian ini berguna untuk memonitoring kendaraan yang ramah lingkungan,” kata Kasi Sarana Manajemen Dishub Kota Palembang, Sigit H saat di jumpai detiksumsel.com

Sigit mengatakan, kegitan tersebut dilaksanakan dengan mengehentikan kendaraan mobil yang lewat baik dari plat hitam, angkutan umum serta kendaraan dinas.

“Intinya semua kendaraan berkewajiban untuk diperiksa guna gas emisi di bumi khusunya di Palembang dapat berkurang,”ungkapnya.

Adapun standar dari pembuangan emisi dari kendaran jika bahan bakar bensin mesin kendaran di bahwa tahun 2010 maksimal 1.200 HC (ppm)/ CO(%) 4,5. Jika di atas tahun 2010 maka HCnya 200/ CO 1,5 %.

Sedangkan bahan bakar solar mesin kendaraan di bawah 2010 maksimalnya CO 70 % dan di atas 2010 tahun, maksimal CO 40 %.

“Jadi dari hasil uji emisi memang bahan bakar solar yang lebih banyak menyumbangnya,”jelasnya.

Masih kata Sigit, untuk saat ini, jika ada kendaran yang melewati batas ketentuan pembuangan emisi pada kendaran, pihaknya hanya dapat menegur.

“Kami sarankan untuk gunakan bahan bakar ramah lingkungan, melakukan servis tune up dalam 6 bulan sekali, gunakan mode eco driving pada kendaran dan terakhir lakukan uji emisi kendaraan secara bersekala,”pungkasnya

Komentar