Unggul 1 Suara, Al-Azhar Pimpin PWI Muaraenim

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Muaraenim, Detik Sumsel- Lewat proses pemilihan yang sengit dan dramatis, Jurnalis dan pemimpin redaksi Enim Ekspres, Sumatera Ekspres Grup (SEG), Al-Azhar berhasil terpilih sebagai ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim periode 2022-2025.

Al-Azhar memimpin organisasi PWI di Bumi Serasan Sekundang selama 3 tahun kedepan, setelah mengalahkan Siswanto (Incumbent) dengan hanya selisih satu suara.

Konferkab PWI Kabupaten Muara Enim yang digelar di Ballroom Griya Sintesa Muara Enim, Senin (14/3) berlangsung cukup sengit dan mendebarkan.

Dalam agenda Konferkab PWI Muara Enim itu, dihadiri langsung oleh Ketua PWI Provinsi Sumatera Selatan H Firdaus Komar dan Wakil Ketua PWI Sumsel Anwar SY Rasuan. Selain itu, Konferkab turut hadir juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Muara Enim melalui Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Abdul Roni Darus.

Adapun jalannya pemilihan berlangsung dua putaran. Pada putaran pertama diikuti sebanyak 3 calon yakni Al-Azhar, Denny Kristian dan Siswanto (Incumbent). Hasilnya hanya dua calon berhak melenggang kebabak selanjutnya yakni Al-Azhar dengan 10 suara dan Siswanto 11 suara. Sementara Denny Kristian harus tersingkir karena hanya meraup 8 suara.

Berlanjut keputaran kedua, dua calon pun dibuat tegang. Pasalnya hasil perhitungan cukup sengit sampai batas akhir. Hingga hasil akhir menentukan kemenangan Al-Azhar dengan 15 suara dan Siswanto 14 suara.

Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar menitipkan tiga pesan kepada Ketua PWI Kabupaten Muara Enim periode 2022-2025. β€œUntuk Ketua PWI yang tepilih nanti, ada 3 hal kata kunci sukses untuk kepemimpinan suatu organisasi (PWI), pertama harus mewakafkan waktu, kedua mewakafkan ide dan wawasan dan yang ketiga harus royal atau dapat diartikan mengayomi para anggota,”tutur pria disapa Firkom ini.

Dengan 3 hal tersebut, lanjut Firkom, diyakini suatu organisasi dapat berjalan dengan sempurna dengan kekuatan yang tercipta dalam suatu organisasi. Terlebih lagi dengan didukung kualitas dari rekan-rekan PWI Kabupaten Muara Enim dan PWI solid serta terus berenovatif di dunia jurnalis. “Kemaren la Siswanto, sekarang gantian Azhar pulo,” cetus Firdaus.

Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Abdul Roni Darus (ARD) Diskominfo Kabupaten Muara Enim, menambahkan PWI merupakan Mitra Strategis Pemkab Muara Enim yang selama ini telah menjalin hubungan baik sebagai kontrol sosial.

“Karena sejatinya pers adalah kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat terutama perannya dalam membangun bangsa melalui pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah,”ungkapnya.

Untuk itu, PWI hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan. Sehingga mereka memahami tentang aturan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik, untuk kemudian menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik dalam menyongsong Industri Disrupsi dan Era Milenial yang identik dengan sebutan Era 4.0.

“Mengingat organisasi PWI merupakan salah satu sarana penyampai informasi, baik dari pemerintah ke masyarakat, maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini,”pintanya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Muara Enim terpilih Al-Azhar, menegaskan siap mengemban amanah menahkodai PWI di Bumi Serasan Sekundang selama 3 tahun kedepan.

“Adapun misi berat yang akan saya jalankan diantaranya menjadikan PWI Kabupaten Muara Enim sebagai organisasi pers yang bermartabat dan berkompetensi, hal ini sangat diperlukan guna menghadapi erat digitalisasi media seperti sekarang ini,”pungkasnya.

Komentar