Upacara Peringatan Harkitnas 2019, Dikantor Basarnas Palembang Berlangsung Khidmat | Detik Sumsel
Detik
Pemprov
Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional dikantor Basarnas Palembang

Upacara Peringatan Harkitnas 2019, Dikantor Basarnas Palembang Berlangsung Khidmat

Palembang, Detik Sumsel — Upacara peringatan hari kebangkitan nasional 2019 yang jatuh Senin 5 Mei dihalaman kantor Basarnas Palembang berlangsung khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Basarnas Palembang Berty DJ Kowaas yang diikuti seluruh personil.

Berty yang membacakan sambutan Menteri Komunikasi Dan Informatika RI, mengatakan, Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa.

Memang ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan “amukti palapa”. Namun meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti, umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang Mahapatih Gajah Mada.

Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara.Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita.

Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita.

Setelah selesai membacakan sambutan, Arafah menambahkan saat ini kita sedang berada di dalam bulan puasa, namun saya berharap puasa bukan menjadi hambatan untuk kita sebagai insan SAR agar selalu meningkatkan kesiapsiagaan kita dan pelayanan terhadap masyarakat. Karena kita tidak tahu musibah yang se waktu waktu bisa saja terjadi,”pungkasnya.

Akhir kata, saya haturkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang keseratus sebelas, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di
pentas global.(oji)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

PAC Muslimat NU Sukarami Gelar Peringatan Maulid Nabi

Palembang, Detik Sumsel – Pengurus Masjid Al Fath bersama bersama PAC Muslimat NU Sukarami mengelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *