Usai Pemilu, Kapolres Lahat: Lahat Aman dan Kondusif | Detik Sumsel
Pemprov
Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK ketika memantau proses pemilu di KPU Lahat. Foto Heru/DS

Usai Pemilu, Kapolres Lahat: Lahat Aman dan Kondusif

Lahat, Detik Sumsel — Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK mengatakan, Pemilu di Kabupaten Lahat berjalan aman dan lancar. Tidak ditemukan kasus kekerasan seperti di Kabupaten Musi Rawas, mulai dari berlangsungnya pencoblosan hingga saat ini.

“Pemilu di Lahat, aman dan lancar. Tidak ada yang jadi sorotan kita,” ujar Ferry, Senin (22/4)

Hanya saja, lanjut Ferry, jikapun ada pelanggaran pemilu, mekanisme pelaporannya ada ditangan Gakkumdu. Disana ada pihak Bawaslu, dan Kejaksaan, juga ada anggota kepolisian yang ikut mendorong kelancarannya.

“Fokus kita pada jaminan keamanan dan pengamanan pemilu. Jika ditemukan ada pelanggaran, silakan lapor baik-baik ke Gakkumdu tanpa ada aksi anarkis,” sampainya.

Sementara, Ketua Bawaslu Lahat, Andra Juarsyah mengatakan, sejauh ini baru ada 2 informasi terkait pelanggaran pemilu. Diantaranya dari Caleg PAN Dapil IV atas nama Saryono, yang mengeluh banyaknya penyebaran money politic. Juga terkait dugaan money politik dari Caleg Nasdem Dapil 1, berinisial RA.

“Laporan resminya belum ada, jadi kita arahkan melapor saja ke Gakkumdu. Kita masih melakukan penelusuran, melengkapi materi,” ujar Andra, Senin (22/4).

Dari sorotan Bawaslu Lahat terkait proses jalannya Pemilu, Andra membeberkan, sementara ini banyak caleg yang mengeluh terkait rekapitulasi suara. Pasalnya ada beberapa caleg menganggap hasil rekapitulasi itu, tidak sesuai dengan hasil yang dicatat manual oleh tim mereka.

“Kita sarankan caleg pantau sendiri proses rekapitukasi yang berlangsung. Kalau keberatan dengan hasil salinan C1, bisa diminta C1 pleno, atau hitung ulang,” sarannya. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tak Perlu Panic Buyying, Solar Aman dan Tersediah Hingga Akhir Tahun

Palembang, Detiksumsel – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH MIGAS) mengakui memang ada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *