Wabah PMK Tak Pengaruhi Penjualan Daging | Detik Sumsel
Pemprov
Supervisor Foodmart Palembang Icon, Eko Prasetyo menunjukkan daging sapi yang dijual di foodmart

Wabah PMK Tak Pengaruhi Penjualan Daging

Palembang, Detik Sumsel- Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti ternak sapi di Jawa Timur belakangan tidak mempengaruhi penjualan daging sapi di supermarket Food mart Palembang Icon Mal.

Supervisor Foodmart Palembang Icon, Eko Prasetyo mengatakan hingga hari ini, berita penyebaran PMK pada sapi ternak tidak berpengaruh pada penjualan karena memang penjualan daging sapi tidak terlalu banyak seperti di pasar tradisional.

Setiap minggu biasanya dipasok satu karton daging sapi atau 25 kg. Berbeda dengan sebelum lebaran atau menjelang lebaran pasokan daging sapi lebih banyak karena permintaannya juga naik.

“Masih stabil permintaannya dan daging yang kita jual sudah dipastikan layak konsumsi dan sehat karena sudah melalui karantina dulu,” jelas Eko.

Dia mengatakan daging sapi yang dipasarkan ke konsumen ini daging segar bukan daging beku. Daging sapi ini berasal dari daging sapi impor asal Australia jadi bebas penyakit mulut dan kuku.

Terpantau di lokasi supermarket Food mart memang tidak terlalu banyak dipajang daging sapi. Hanya ada belasan kemasan saja yang dipajang dan sortir berdasarkan jenisnya. Ada daging rendang, daging giling, hati sapi hingga daging kerbau juga daging slice yang biasa digunakan untuk makanan shabu.

Ditambahkanya, Daging sapi di supermarket ini juga hanya ada satu jenis saja yakni daging rendang yang dibandrol Rp 129 ribu per kg. Harga ini adalah harga promo dari harga normal Rp 150 ribuan per kg. Sementara itu harga daging kerbau dibandrol lebih murah yakni Rp 99 ribu per kg. Daging sapi giling juga harganya sama dengan daging rendang yakni Rp 129 ribu per kg.

Sementara itu di pasar tradisional penjualan daging sapi juga masih normal dan tidak terdampak penyebaran PMK ini. Hanya saja penjualan daging masih cukup tersendat karena harga jualnya masih tinggi. (May)


H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

H Tama Calon Tunggal Ketua Demokrat Ogan Ilir

Palembang, Detik Sumsel — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bakal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.