Wajib Tahu, Ini Fakta Antibiotik | Detik Sumsel
BNI"
Dr Harun Hudari SPPD

Wajib Tahu, Ini Fakta Antibiotik

Palembang, Detik Sumsel – Penggunaan antibiotik secara berlebihan dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh antara lain dapat menyebabkan superinfeksi dan menyebabkan resistensi antibiotik. Dr Harun Hudari SPPD, Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak menggunakan antibiotik secara berlebihan.

“Penggunaannya harus ditentukan oleh dokter, tidak boleh menggunakan sendiri, hanya dari resep dokter saja kapan memulainya kapan menghentikan,” katanya saat dibincangi Detik Sumsel, Jumat (21/9).

Karena jika tidak, lanjut dia, dapat memberikan efek yang buruk bagi kesehatan. Padahal kata dia, di kemasan antibiotik sudah ada tanda lingkaran merah yang berarti harus ada batasannya.

“Konsumsi antibiotik tanpa anjuran dari dokter, selain penyakit belum tentu sembuh, antibiotik juga bisa merusak organ tubuh, ginjal, liver dan sebagainya, tidak semua antibiotik cocok dengan penyakit yang kita duga-duga,” bebernya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, pada prinsipnya hanya dokter yang boleh menentukan penggunaan antibiotik jangan menggunakan sendiri.

“Jangan pernah beli sendiri intinya, tetap harus dari resep dokter karena tidak semua penyakit cocok untuk antibiotik, antibiotik hanya membunuh bakteri, jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat membuat kuman jadi kebal,” pungkasnya. (Bra)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Kesulitan Stok Darah AB

Palembang, Detik Sumsel – Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Selatan menggelar donor darah bekerjasa sama dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *