Walikota Palembang Apresiasi Kilang Pertamina Plaju sebagai Perusahaan Pendukung 11 Kampung ProKlim | Detik Sumsel
BNI"

Walikota Palembang Apresiasi Kilang Pertamina Plaju sebagai Perusahaan Pendukung 11 Kampung ProKlim

Palembang Detik Sumsel – Walikota Palembang H. Harnojoyo memberikan Piagam Apresiasi Pendukung Program Kampung Iklim (ProKlim) kepada PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) III Plaju. Penghargaan itu menyusul apresiasi yang sebelumnya juga diberikan langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia di Jakarta pada Selasa (19/10/2021) pekan lalu kepada PT KPI RU III Plaju sebagai Pendukung ProKlim.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Harnojoyo bertempat di Rumah Dinas Walikota Palembang, yang dalam kesempatan itu jug turut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang Alex Ferdinandus. PT KPI RU III Plaju sebagai satu-satunya perusahaan yang diundang dalam momen penghargaan itu dinilai telah berkontribusi aktif dalam mendukung implementasi ProKlim di Kecamatan Plaju, Kota Palembang.

Selain PT KPI RU III Plaju, turut diundang Camat Plaju, Lurah Talang Bubuk, Lurah Plaju Ulu, Lurah Plaju Ilir dan Lurah Talang Putri serta beberapa Ketua RW di masing-masing Kelurahan, yang juga telah berpartisipasi aktif baik sebagai pembina dan penggerak ProKlim di lingkungan masing-masing.

Harnojoyo berharap langkah yang telah dilakukan DLHK Kota Palembang dalam momen peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dapat memotivasi masyarakat Kota Palembang agar lebih mencintai lingkungan. “Mudah-mudahan apa yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan beserta dinas terkait lainnya ini betul-betul menjadi motivasi agar masyarakat lebih cinta kepada lingkungan,” ujar Harnojoyo disela sela kegiatan tersebut, Kamis (28/10).

Ia juga berterimakasih kepada PT KPI RU III Plaju yang tak henti-hentinya mendukung kegiatan ProKlim, khususnya di Kecamatan Plaju. “Atas nama pemerintah kami mengucapkan terimakasih, karena tanpa bantuan Pertamina, akan timpang hasilnya,” ujar Harno. Berkat dorongan dan pendampingan PT KPI RU III Plaju, emoat kelurahan di Plaju kini unggul dalam pelestarian lingkungan hidup. “Pun di tingkat nasional ada dua RW di Plaju yang dapat penghargaan, ini suatu prestasi yang membanggakan,” sambung Harno. RW yang dimaksud yakni RW 02 dan RW 016 Plaju Ulu.

Harno juga berharap para peraih penghargaan dapat memepertahankan prestasi yang telah diraih dan mengedepankan inovasi terkait pelestarian lingkungan kedepannya. “Karena betapa penting lingkungan yang bersih, tentu kita akan terhindar dari segala macam penyakit menular,”katanya.

Area Manager Communication, Relation & CSR PT KPI RU III Plaju Siti Rachmi Indahsari berterimakasih kepada Pemkot Palembang dan mengatakan Pertamina akan terus mendukung program pemerintah terkait pelestarian lingkungan. “PT KPI RU III Plaju akan terus mendukung upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan Pemerintah,” ujarnya.

Berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terkait dengan pelestarian lingkungan telah digelontorkan di Kecamatan Plaju yang merupakan wilayah ring 1 operasional perusahaan. PT KPI RU III Plaju dalam mendukung ProKlim juga bersinergi dan berjalan kompak beriringan dengan berbagai pihak, terutama masyarakat dan pemerintahan setempat.

Misalnya, PT KPI RU III Plaju berperan aktif dalam penerapan _water barrel irrigation system_ (TERALIS) untuk mendukung _urban farming._ Selain itu PT KPI RU III Plaju juga menggelar pelatihan _ecobrick,_ pelatihan pembuatan pupuk (Patra Composter), mendistribusikan pot kreasi dari limbah kain, serta distribusi tong sampah pilah.

Sebagai sentra produksi tempe tertua di Kota Palembang, beberapa rumah produksi tempe di Kecamatan Plaju tentu menghasilkan limbah produksi. PT KPI RU III pun hadir menjawab permasalahan itu dengan menghadirkan Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) yang dapat mengurangi bau dan dampak dari limbah yang dihasilkan. PT KPI RU III Plaju juga telah aktif mengajak masyarakat RW 02 Plaju Ulu untuk merevitalisasi selokan. (May/Rel)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Nikmati Pergantian Tahun Dengan Flavour Night Dinner Exvelton

Palembang, Detik Sumsel – Momen pergantian malam tahun baru menjadi salah satu malam yang spesial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *