Warga Belumai Cemas, Beruang Masuk Pemukiman dan Memangsa Ternak | Detik Sumsel
Detik
Personel BKSDA Lahat memasang perangkap dan kamera disejumlah titik lokasi di kawasan Dusun Belumai.

Warga Belumai Cemas, Beruang Masuk Pemukiman dan Memangsa Ternak

Pagaralam, Detik Sumsel- Terhitung sudah empat hari ini suasana di Dusun Belumai Kelurahan Ulu Rurah, cukup mencekam, hal ini karena kawasan dusun tersebut belakangan ini kerap didatangi oleh binatang buas yaitu Beruang.

Apalagi diduga beruang tersebut telah memangsa sejumlah ternak warga dusun Belumai tersebut. Diketahui sudah 5 lima ekor ayam warga yang dimangsa hewan buas tersebut.

Serangan hewan nokturnal yang aktif dimalam hari ini dibenarkan warga dilingkungan RT 09 RW 03 Dusun Belumai. Karena beberapa kandang unggas warga sempat dirusak oleh serangan Beruang.

Warga setempat, Frengki mengarakan jika kejadian serangan diduga jenis Beruang ini ada warga yang menyaksikan keberadaan hewan buas ini. “Serangan hewan buas ini terjadi pada malam hari,”katanya. Rabu (12/1)

Ia juga mengungkapkan setelah melihat beberapa ekor ayam dan telur ayam yang habis warga pun langsung melaporkan kejadian ke personel Polhut yang ada di Kota Pagaralam.

“Laporan langsung ditindaklanjuti, personel Polhut datang dan langsung memasang perangkap dengan umpan buah buahan juga memasang camera trap di tiga titik lokasi,”ungkapnya.

Ditambahkan Feldi, personel Polhut Resort Sumur BKSDA Lahat mengatakan, dirinya membenarkan adanya laporan serangan hewan buas jenis Beruang.

“Sudah kita tindak lanjuti dengan menempatkan pesonel di lokasi sejak tiga hari lalu, saat ini kita sudah ganti shift jaga untuk memonitor perkembangan situasi disana,”terangnya.

Tak hanya itu pihak BKSDA sudah memasang perangkap disatu titik. Selain itu, personel memasang camera ditiga lokasi untuk mengetahui keberadaan hewan buas yang dari laporan warga sudah memangsa ternak unggas.

“Sejauh ini belum kita pastikan jenis hewan buas apa, apakah itu Beruang Madu atau hewan lainnya,” katanya seraya mengatakan baru satu malam kita memasang trap dan cameranya.

Sementara itu, Kapolres Pagaralam AKBP Arif Harsono SIK didampingi Kapolsek Pagaralam Selatan Iptu Akhiruddin melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Ulu Rurah Aipda Niko Giarta mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan dari masyarakat, perihal adanya hewan buas jenis Beruang di perkebunan masyarakat.

“Mendapatkan laporan tersebut, kita langsung terjun ke lokasi untuk mengecek tempat kejadian perkara yang dilaporkan warga tersebut. Bahkan, beberapa hari ini kita terus melakukan patroli di lokasi yang dimaksud, selaim itu juga pihaknya sudah berkoordinasi dengan BKSDA karena Beruang merupakan hewan yang dilindungi.”pungkasnya.(rendi)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Polda – Polres Disebut Terima Aliran Dana Proyek di Muba, Ini Tanggapan Kapolda Sumsel

Palembang, Detik Sumsel — Kesaksian tersangka Herman Mayori, Kadis PUPR Muba dalam sidang yang digelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *