Warga Mekarsari Dan ICW Desak BPN Tuntaskan Soal Agraria Di Gandus | Detik Sumsel
Detik
Puluhan warga RT 29 mekarsari bersama ICW desak BPN tuntaskan Konflik Agraria Di Gandus
Puluhan warga RT 29 mekarsari bersama ICW desak BPN tuntaskan Konflik Agraria Di Gandus

Warga Mekarsari Dan ICW Desak BPN Tuntaskan Soal Agraria Di Gandus

Palembang, Detik Sumsel, – Puluhan warga RT 29 Mekarsari, Kelurahan Pulokerto, Kecamatan Gandus Palembang bersama Sriwijaya Corruption Watch (SCW) mendesak BPN Kota Palembang dan DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menyelesaikan dan menengahi konflik agraria, di wilayah RT 29 Mekarsari.

Dimana konflik tersebut terjadi antara warga sebagai pemilik kebun, dengan salah satu oknum. “ Kita melakukan pendampingan terhadap warga ini minta, baik BPN Kota maupun DPRD Provinsi Sumsel, untuk turun dan menengahi permasalahan ini, ” ujar M Sanusi AS SH MM, Ketua DPP SCW Indonesia, Senin (24/8), saat mendampingi perwakilan warga RT 29 Mekarsari, Kelurahan Pulokerto, Kecamatan Gandus menyampaikan permasalahan tanah yang dialaminya dalam musyawarah bersama Kepala BPN Kota Palembang, Cecep Prayoga, di ruang rapat BPN Kota Palembang.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada BPN Kota Palembang untuk menolak melakukan pengukuran untuk penerbitan sertifikat. “Kami menduga mereka ini terindikasi melakukan penyerobotan tanah, penjarahan, dan pengancaman dengan melakukan kekerasaan dengan menggunakan oknum preman, ” katanya.

Oleh karena itu pihaknya meminta menghentikan apa yang dilakukan oknum tersebut dengan meminta BPN Kota Palembang dan DPRD Provinsi Sumsel turun tangan.

“Disini warga memiliki hak yang jelas dan telah di usahakan selama bertahun-tahun, kemudian mereka datang dengan dokumen diduga palsu langsung menyerobot tanah hak milik warga,” jelasnya.

Lanjut dia mengatakan, SCW senantiasa konsisten berada di garda depan melibatkan diri dalam persoalan yang bersangkutan dengan rakyat. “Kita harapkan aksi damai yang kita lakukan dapat direspon dengan baik oleh BPN Kota Palembang dan DPRD Provinsi Sumsel, ” aku dia.

Ia memastikan, bila tuntutan mereka tidak dihiraukan oleh BPN Kota Palembang dan DPRD Provinsi Sumsel, pihaknya akan melakukan aksi damai kembali dengan massa yang lebih banyak.

“Kita pastikan bila tanggapan kita tidak ditanggapi akan kita lakukan aksi damai lagi dengan massa yang lebih besar lagi dibandingkan ini, ” tukasnya.(vot)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Minggu Kedua Januari, Polda Sumsel Tangkap 56 Tersangka Pemain Narkoba

Palembang, Detik Sumsel — Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel bersama Polrestabes dan Polres jajaran dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *