Warga Minta Stok Pile PT LPPBJ Dipindahkan | Detik Sumsel
BNI"
Aktifitas di area stok pile batubara milik PT LPPBJ. Foto Istimewa.

Warga Minta Stok Pile PT LPPBJ Dipindahkan

Lahat, Detik Sumsel — Warga Desa Padang, Kecamatan Merapi Selatan, Lahat, kembali melakukan protes terhadap PT LPPBJ. Jika sebelumnya perusahaan batubara ini diprotes lantaran angkutannya dilarang melintas, karena melewati jalan warga. Kali ini warga memprotes, agar stok pile (tempat penampungan batubara red) dipindahkan ke tempat lain.

Tindakan warga tersebut bukan tanpa alasan. Warga merasa terganggu akan aktifitas di lokasi itu, karena berbatasan langsung dengan jalan lintas dan berdekatan dengan perkampungan warga. Imbasnya debu dari aktifitas itu berterbangan dan mulai mengotori atap rumah warga.

“Ya saya sudah dengar keluhan warga, saya juga sudah cek langsung ke lokasi yang dilaporkan,” ujar Andi Sucitera, Anggota DPRD Lahat, Dapil II (Merapi Area), Rabu (6/11).

Wakil rakyat dari partai Amanat Nasional ini juga mengatakan, dirinya akan memanggil pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat, guna menyampaikan permasalahan itu. Sembari meminta pihak DLH turun ke lokasi, mengecek ulang dampak lingkungan dari aktifitas itu. Apalagi stok pile tersebut berada persis di pinggir Ayik Lahangan yang bermuara ke Ayik Sehile, bisa berdampak rusaknya ekosistem air.

“Ya kemaren sudah ke sana, debu batu bara semua di jalan. Kalau terus dibiarkan masyarakat, terutama anak-anak bisa mengidap penyakit ISPA,” kata Andi. (heru).

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL
Lakukan Penukaran Uang

Check Also

Selain Kurang Kolam Retensi, Antoni Yuzar : Perda Rawa Masih Mandul

Palembang, Detik Sumsel – Di kegiatan reses anggota DPRD Sumsel dapil Sumsel II yang meliputi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *