Waspada, Modus Penipuan Baru Lewat Serang Warga Lahat | Detik Sumsel
Banner Iklan Diskominfo
Pemprov
Kanit Pidsus Satreskrim Polres Lahat, Ipda Chandra Kirana SH. Foto Istimewa.

Waspada, Modus Penipuan Baru Lewat Serang Warga Lahat

Lahat, Detik Sumsel – Unit Pidsus Satreskrim Polres Lahat kali ini mengimbau, kepada masyarakat pengguna aplikasi Whatsapp diminta lebih waspada. Pasalnya ada modus penipuan baru, dengan tulisan berbahasa asing seperti bahasa Thailand.

Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, melalui Kasat Reskrim, AKP Kurniawan H Barmawi, disampaikan Kanit Pidsus, Ipda Chandra Kirana membeberkan, modus penipuan baru lewat pesan Whatsapp mulai marak. Yang telah terpantau, pelaku berpura-pura sebagai kasir minimarket, mengatakan telah salah kirim voucher game sehingga sms terkirim ke nomor calon korban.

Baca Juga :   Bantu Masyarakat, Klinik Aulia Medika Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis

Pelaku kemudian meminta pemilik Hp (calon korban) untuk mengirimkan ulang kode voucher tersebut untuk mengambil alih akun calon korban.

“Kami imbau masyarakat lebih berhati-hati jika mendapat contoh pesan seperti itu. Lebih baik tidak usah dibalas, atau langsung saja dihapus,” imbau Chandra.

Chandra menambahkan, agar lebih menyakinkan calon korbannya, pelaku penipuan ini terkadang memasangkan foto profil layaknya petugas minimarket. Jika kode one time password (OTP) dikirim, maka akun WA akan diambil alih oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga :   Negara Rugi 13 Miliar, Komisaris Gatramas Internusa Resmi Di Bui

“Untuk di Lahat sementara belum ada pelaporan, tapi dibeberapa daerah sudah mulai marak, khususnya nomer publik figur, pejabat umum dan pemerintah. Kami imbau masyarakat bisa lebih cerdas dan waspada,” ujar Chandra. (heru)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Warga Kecewa Donasi Rp 2 Triliun Akidi Belum Terealisasi

Palembang, Detik Sumsel — Sanjungan dan pujian berubah menjadi hujatan dari masyarakat kepada keluarga almarhum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *