Wisuda UIN RaFa ke-79, Ini Harapan Rektor untuk Alumni | Detik Sumsel
Detik
Adapun yang menjadi tema wisuda ke-79 yakni “Mengabdi untuk Indonesia”.

Wisuda UIN RaFa ke-79, Ini Harapan Rektor untuk Alumni

Palembang, Detik Sumsel- Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (UIN RF) Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si. mengharapkan kepada mahasiswa yg ikut pelaksanaan wisuda ke-79 di Akademik Center (AC), Sabtu (11/12), “Mengabdi untuk Negeri”, sebagai warga negara Indonesia khususnya para alumni UIN RF Palembang saatnya mengabdikan diri untuk NKRI.

Prof. Nyayu Khodijah, mengungkapkan harapannya kepada 673 para wisudawan/ti, yang terdiri dari 167 laki-laki dan 506 perempuan sebagai alumni baru Universitas UIN RF Palembang.

Adapun yang menjadi tema wisuda ke-79 yakni “Mengabdi untuk Indonesia”. Kita sebagai warga negara Indonesia khususnya para alumni UIN RF Palembang saatnya mengabdikan diri kita untuk NKRI dalam rangka menghadapi berbagai tantangan zaman yang ada di depan kita bersama,”ungkapnya.

Masih menurut Prof Nyayu Khodijah, ada beberapa peran yang dapat kita berikan terhadap negeri ini. Dalam konteks persatuan dan keutuhan NKRI, serta sikap nasionalisme, Pertama, memiliki dan mengaktualisasikan sikap moderat dalam beragama.

Sebagai sarjana muslim, seyogyanya senantiasa mengedepankan dan mengamalkan sikap inklusif, plural, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari.
“Memupuk rasa nasioalisme dapat kita lakukan dengan berbagai upaya diantaranya, mencintai produk dalam negeri serta bangga akan bahasa dan budaya lokal yang kita miliki saat ini,” katanya.

Menggunakan produk dalam negeri berarti kita mendukung hasil kerja keras bangsa Indonesia dalam bidang ekonomi.

Selain itu menurut Nyayu, mencintai produk dalam negeri merupakan suatu wujud rasa menghargai kerja keras masyarakat dalam mengembangkan produk lokal.

Sebagai wujud para alumni bangga akan bahasa yang kita miliki yaitu dengan mencintai bahasa daerah dan juga bahasa nasional kita yaitu bahasa Indonesia. Indonesia memiliki beragam bahasa daerah diantaranya bahasa Melayu, Jawa, Sunda, Lampung, dan lain sebagainya.

“Wujud cinta para alumni terhadap bahasa daerah dan bahasa nasional juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan kedua bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” tegasnya.

Dalam konteks perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman ini, kecerdasan intelektual saja tidak cukup untuk dijadikan modal agar dapat berdaya saing, apalagi di kancah global. Para alumni harus terus meningkatkan kualitas diri dengan cara mengasah daya kreatifitas.

Kemampuan inovasi sangat diperlukan untuk menciptakan sebuah karya yang bernilai guna sekaligus bernilai ekonomis.

Berikut 4 (empat) Pesan Rektor untuk Alumni;

Pertama, mengoptimalkan kecerdasan intelektual. Sebagai alumni PTKI tidak hanya konsen di bidang keagamaan.
“Para alumni mesti memiliki kemampuan intelektual yang multidisipliner, tidak monodisipliner dengan memperkaya khazanah keilmuan di dunia nyata,”jelasnya.

Kedua, para alumni harus memiliki kreatifitas dan inovasi. “Oleh karena itu, melalui moment wisuda ini, Saya selaku Rektor sangat berharap sekaligus berpesan kepada seluruh alumni agar tidak hanya menjadi konsumen dari berbagai prodak teknologi tetapi juga menjadi produsen. Tidak hanya menjadi objek yang dikendalikan dari pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga menjadi subjek yang mengendalikan.

Ketiga, mengabdi sesuai profesi dan bidang keilmuan. “Para alumni harus mengabdi sesuai dengan profesi dan bidang keilmuan yang dimiliki saat ini. Menjadi pendidik bagi lulusan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, pengacara, hakim, atau jaksa bagi lulusan fakultas Syariah dan Hukum dan lain-lain. Profesi di lakukan dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab,” urainya.

Keempat, Para alumni juga seyogyanya menjadi marcusuar kearifan di tengah globalisasi. “Para alumni harus senantiasa menginterasikan nilai-nilai keislaman dan kearifan budaya di setiap aspek-aspek kehidupan,” terangnya.

Tak lupa Nyayu pun mengucapkan selamat kepada para alumni yang hari ini diwisuda. Semoga dapat mengemban amanah ilmu yang selama ini sudah ditimba di bangku perkuliahan dan dapat mengaplikasikannya di tengah masyarakat.

“Besar harapan saya selaku Rektor kepada para alumni untuk dapat terus mengabdi untuk negara Indonesia melalui berbagai upaya yang dapat dilakukan sebagai warga negara. Sehingga mengharumkan nama baik kampus dan menjadi kebanggaan bagi almamater UIN Raden Fatah Palembang,” tutupnya.

Rektor berharap para alumni untuk dapat terus mengabdi untuk negara Indonesia melalui berbagai upaya yang dapat dilakukan sebagai warga negara. Sehingga mengharumkan nama baik kampus dan menjadi kebanggaan bagi almamater UIN Raden Fatah Palembang. “Mari mengabdi, mari berprestasi,” pungkasnya. (Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Tampil Perdana di Luar Sumsel, Ovi Mawardi Juara III Kejuaraan Offroad

Indralaya, Detik Sumsel– Tampil perdana di luar Sumatera Selatan, Ahmad Wazir (AW) Noviadi offroader Sumatera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *