Workshop Penyusunan dan Pengembangan MBKM FITK | Detik Sumsel
Detik

Workshop Penyusunan dan Pengembangan MBKM FITK

Palembang, Detik Sumsel — Workshop Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Kampus Merdeka (MBKM) di Lingkungan FITK UIN Raden Fatah Palembang dilaksanakan pada Kamis hingga Sabtu (17-19/06/2021) di The Zuri Hotel Palembang. Workshop yang bertema “Melalui Workshop Kurikulum MBKM untuk Mewujudkan Visi dan Misi UIN Raden Fatah Palembang yang Berjaya dan Mendunia” ini dilaksanakan sebagi tindak lanjut dari kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait kurikulum MBKM.

Hadir dalam kegiatan ini Rektor UIN Raden Fatah Palembang yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor 3 Dr. Hj.  Hamidah, M. Ag., Dekan FITK Prof. Dr. Abdullah, M. Ed., Wakil Dekan 1 FITK Dr. Muhammad Fauzi, M. Ag., Wakil Dekan 2 Dr. Fitri Oviyanti, M. Ag., Plt. Kabag FITK Yuni Melati, M.H., para Kasub FITK, dua orang Narasumber, yaitu Dr. Ketang Wiyono, S.Pd., M.Pd., dari UNSRI, dan Fitri Amelia, M.Si., Ph.D., dari UN. Padang, para Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FITK, Staf FITK dan segenap Panitia Pelaksana dari Prodi Pendidikan Fisika FITK.

Setelah didahului dengan penyampaian laporan oleh Ketua Pelaksana yang merupakan Kaprodi Pendidikan Fisika Dr. Win Afgani, M.Pd. Dekan FITK UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Abdullah, M.Ed., menyampaikan sambutannya. Dekan berharap dengan adanya workshop ini akan memperjelas dalam membuat dan juga mengimplementasi kurikulum MBKM. Beliau berpesan pada peserta workshop yang terdiri dari Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, Kabag dan Kasub di lingkungan FITK agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan betul-betul memperhatikan materi dari Narasumber, sehingga nanti implementasinya dapat berjalan baik. “Tujuan program MBKM, mengenai Program Tiga Semester di luar Prodi  sebagai hak mahasiswa, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, dalam bidang soft skills maupun hard skills. Hal ini dimaksudkan agar lulusan lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa, yang tidak hanya unggul, namun juga berkepribadian, yang sejalan dengan visi dan misi UIN Raden Fatah Palembang,” ujar beliau.

Sambutan berikutnya yang sekaligus membuka kegiatan workshop disampaikan oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor 3 Dr. Hj. Hamidah, M. Ag. Beliau menyampaikan bahwa dalam program MBKM, mahasiswa memiliki hak untuk belajar maksimal tiga semester di luar Prodi atau Perguruan Tinggi. Hak ini memberikan mahasiswa kebebasan untuk memilih mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam Prodi pada Perguruan Tinggi. Tentu hal ini harus sesuai masa dan beban belajar, atau mereka berhak mengikuti proses pembelajaran di dalam Prodi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar Prodi. Dalam hal ini Perguruan Tinggi wajib memfasilitasi pelaksanaan pemenuhan masa dan beban belajar dalam proses pembelajaran.

Opening ceremony workshop ini diakhiri dengan pemberian cinderamata dan sertifikat kepada Narasumber kemudian sesi foto bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber dengan tema Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Mardeka (MBKM). (Ril)

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Mahasiswa Stisipol Ramaikan Entrepreneurship Day

Palembang, Detik Sumsel -Aula Ismail Djalili di lantai 2 gedung STISIPOL tampak riuh layaknya pasar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *