Yudisium ke-79 FITK | Detik Sumsel
Detik

Yudisium ke-79 FITK

Palembang, Detik Sumsel — Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Raden Fatah Palembang melaksanakan yudisium ke-79 yang dilaksanakan secara offline di gedung Academic Center UIN Raden Fatah pada Rabu, 8 Desember 2021. Yudisium kali ini mengusung tema “Melalui Yudisium ke-79 Kita Wujudkan Sarjana Pendidikan dan Kependidikan yang Berprestasi, Bereputasi, dan Berkarakter Islami di Masa Pandemi.”

Dalam sambutannya Dekan FITK UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Abdullah Idi, M. Ed. menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran Rektor UIN Raden Fatah Palembang yang diwakili Wakil Rektor 3 Dr. Hamidah, M.Ag., begitu pula pada Wakil Dekan 1 FITK, Dr. Muhammad Fauzi, M. Ag., Wakil Dekan 2 Dr. Fitri Oviyanti, M. Ag., dan Wakil Dekan 3 Dr. Kms. Badaruddin, M.Ag., para Kaprodi dan Sekprodi FITK, Kabag Kepegawaian FITK, para Kasubag FITK, Humas FITK, Ketua IKATARA, para Dosen FITK, Staf FITK, para orang tua/wali mahasiswa, panitia, dan seluruh mahasiswa peserta yudisium FITK  ke-79.

Dekan menyampaikan pula apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim Panitia Yudisium ke-79 yang diketuai Dr. Kristina Imron, M.Ag. (Kaprodi PBA), yang telah bekerja keras, ikhlas dan cerdas hingga persiapan Yudisium dapat berjalan lancar.

Ucapan selamat beliau sampaikan kepada para wisudawan/wati yang telah berhasil menjadi sarjana dan magister, terutama pada mahasiswa yang berhasil lulus dengan predikat berprestasi. Beliau menyampaikan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada para orang tua ataupun wali mahasiswa atas kepercayaannya pada FITK UIN Raden Fatah Palembang, dan tentu saja pengorbanan baik moril maupun materil sangat menunjang keberhasilan pendidikan para peserta yudisium. “Semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi pribadi, keluarga, dan masyarakat. Teruslah menuntut ilmu dan mengembangkan kemampuan hard skill dan soft skill dengan seimbang agar dapat bersaing di era global ini. “Untuk menjadi sukses tergantung pada  adik-adik semua, sebagai mana di dalam hadist yang artinya, untuk menjadi sukses harus mendekatkan diri pada Allah, menjauhi sifat iri hati, dan terakhir jangan takabur,” ujar beliau. Masyarakat  bukan hanya butuh prestasi namun juga reputasi. Reputasi sangat penting di era ini, yaitu dengan bersikap disiplin, jujur, kerja keras dan menjaga nama baik pribadi, keluarga, institusi, bangsa, dan negara,” tambah beliau.

Beliau juga berpesan pada para peserta yudisium agar setelah menjadi alumni tetap menjaga silaturahmi dengan FITK, dan bergabung dalam Ikatan Alumni FITK UIN Raden Fatah Palembang (IKATARA). Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah selalu menjaga nama baik almamater dan selalu memberikan upaya terbaik untuk masyarakat, bangsa, dan negara, tutup beliau di akhir sambutannya.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Rektor 1 Dr. Hamidah, M.Ag., menyampaikan ucapan terima kasih pada jajaran pimpinan FITK dan segenap unsur yang telah berhasil mengantarkan para mahasiswa menjadi alumni. Terima kasih juga disampaikan pada segenap panitia yang telah bekerja keras dan cerdas hingga terlaksananya kegiatan yudisium ini, dan  pada tamu undangan yang telah berkenan hadir, terutama para orang tua/wali para alumni.

Beliau atas nama segenap civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada para alumni, terutama pada lulusan berprestasi. Semoga upaya tersebut dapat memberi manfaat dan mengharumkan lembaga, serta semoga para mahasiswa mendapatkan pahala dari Allah SWT, dan ilmu yang telah dipelajari selama di bangku kuliah dapat dimanfaatkan sebaik baiknya, karena sejatinya ilmu yang diperoleh oleh para alumni adalah amanah dari Allah SWT. Yudisium ini menjadi momen penting dalam catatan kehidupan alumni sekalian, oleh karena itu, selain harus bersyukur atas gelar yang diperoleh, para alumni tidak boleh berhenti belajar, karena tantangan yang dihadapi pada era ini sangat besar, tambah beliau. “Berikan saya sepuluh pemuda, maka mereka akan mengguncangkan dunia,” ujar beliau mengutip Bung Karno, dan  berharap lulusan FITK akan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, negara, bahkan dunia.

Dalam yudisium ke-79 ini juga dilakukan penyerahan para alumni  yang totalnya berjumlah 214 orang oleh Wakil Dekan 3 FITK Dr. Kms. Badaruddin, M.Ag. kepada perwakilan pengurus IKATARA. Selanjutnya disampaikan pesan dan kesan alumni oleh perwakilan Prodi dan sambutan terakhir dari wakil orang tua/wali alumni.

Berikut daftar mahasiswa berprestasi dalam bidang akademik:

1. Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam diraih oleh Supriyanti, dengan IPK 3,9 (S2 Terbaik Fakultas)
2. Program Studi  Magister Pendidikan Agama Islam diraih Heniati, IPK 3,79.
3. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, diraih oleh Winda Eprilia , dengan IPK 3,91.
4. Program Studi Pendidikan Biologi, diraih oleh Tiwi Lestari, dengan IPK 3,64.
5. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diraih oleh Fadiyah Innesa P., dengan IPK 3,90.
6. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, diraih oleh Wartilah dengan IPK 3,95.
7. Prodi Pendidikan  Manajemen Pendidikan Islam, diraih oleh Miftahul Hasanah, dengan IPK 3,98.
8. Pendidikan Kimia, diraih oleh Rima Putri  dengan IPK 3,99.
9. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, diraih oleh Gani Karmita S,  dengan IPK 3,89.
10. Program Studi Pendidikan Agama Islam diraih oleh Kurnia Adetya dengan IPK 3,91 (S1 Terbaik Fakultas).
11. Program Studi Matematika, diraih oleh Bunga Nanda , dengan IPK 3,69.

Sedangkan mahasiswa berprestasi bidang non-akademik yaitu,

1. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Nur Muhammad Rasyid (juara 1 lomba Dai se-Indonesia 2018); Nur Jamilah (juara MHQ kategori 5 juz)
2. Program Studi PGMI Winda Eprilia (juara 2 letari zakat nasionaldan juara kategori sosial ke Kartini Milenial Award 2021)
3. Program Studi Pendidikan Matematika, Riska Arya W (Wakil 2 Gadis Muara Enim 2019).
4. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Prabowo L ( juara 3 pidato pekan kreativitas dan olahraga)
5. Program Studi Pendidikan Fisika, Elvika dan Lolita Resiana (pemakalah seminar nasional)
6. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Tuti Alawiyah (terbaik 1 MTQ Cab. Tartil Kota Palembang 2021, tarbaik 3 MTQ OKI 2020 dan Muba 2021; Juwita (juara 3 puisi bahasa Arab 2018, penyair terbaik 2020); Rosiatul Hasanah (juara 1 Hifsil Qur’an 10 juz Lubuk Linggau, juara 2 Tafsir Bahasa Arab Kota Palembang 2021, juara 3 Tafsir Bahasa Arab  Sumsel 2021).

Adapun mahasiswa berprestasi bidang non-akademik mahasiswa aktivis, sebagai berikut:

1. Prodi  PAI, diraih oleh:
1). M. Cahyo (Demisioner Wakil Ketua Demaf 2019)
2). Risdayanti ( Demisioner Sekum Semaf 2018)
3). M.Hasnan H. (Demisioner Sekretaris 1 Lematar 2020)
4). Yudha F.P. (Wakil Ketua Semaf 2018)
5). Muthi’ah M.J. (Devisi Kominfo Sema FITK 2019)
6). Setia L.Y. (Waketum Divisi Advokasi 2019)
7). Rindi A. (Divisi Budgeting Sema FITK 2019)
8). Fitri Y. (Ketua Divisi Budgeting Sema FITK 2019).

2. Prodi Matematika, R.A. Wandera (Divisi Humas Dema FITK 2019).

3. Prodi MPI, M.Abdullah S. (Divisi Keagamaan Demaf FITK 2019).

4. Podi PGMI, Nanda Apriansyah (Sekretaris Demaf 2018′ Demisioner Ketum HMPS PGMI 2019).

Setelah pembacaan data alumni dan dilanjutkan dengan doa, acara yudisium ke-79 ini selanjutnya ditutup oleh Dekan FITK UIN Raden Fatah Palembang

H. Hendri Zainuddin, KETUM KONI SUMSEL

Check Also

Mobil Tangki Pengangkut Air Mineral Tabrak Pohon di Jalan Residen A Rozak, Sopirnya Terjepit 

Palembang, Detik Sumsel — Diduga sopirnya mengantuk, sebuah mobil truk tanki nomor polisi BG 8150 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *